RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP KD 3.2; 4.2)

 

Sekolah             : SMP Negeri 1

Mata Pelajaran  : Bahasa Inggris

Kelas/semester  : VIII/1

Materi Pokok      : Capability dan Willingness

Alokasi Waktu    : 8  jam pelajaran ( 4  x pertemuan)

 

  1. KOMPETENSI INTI
  2. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  3. menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional
  4. memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  5. mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

  1. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2  Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kemampuan dan kemauan, melakukan sesuatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya. 3.2.1   Menentukan fungsi sosial

–          Kemampuan: membanggakan, mengajak, memerintah

–          Kemauan: berjanji, mengajak, memerintah

3.2.2   Menentukan struktur teks

–          Memulai: bertanya, memberitahu

–          Menanggapi: menjawab, melaksanakan perintah, menyanggupi, mengiyakan

3.2.3   Mengidentifikasi unsur kebahasaan dengan menggunakan

–          Ungkapan kemampuan dan kemauan yang sesuai dengan modal: can, will

–          Nomina singular dan plural,

–          Tulisan tangan,ejaan,tanda bc

–          Ucapan, tekanan, intonasi

4.2  Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kemampuan dan kemauan, melakukan suatu tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 4.2.1   Menyusun teks interaksi tulis sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kemampuan dan kemauan,melakukan suatu tindakan

 

4.2.2   Melakukan role-play percakapan sederhana yang sudah dibuat yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kemampuan dan kemauan, melakukan suatu tindakan.

Fokus Penguatan Karakter: kepedulian,

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

Pertemuan I

Melalui serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat:

1 Mengidentifikasi tindakan memberi dan meminta informasi terkait kemampuan
2 Mengidentifikasi tindakan memberi dan meminta informasi terkait kemauan

 

Pertemuan II

Melalui serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat:

1 Mengidentifikasi fungsi sosial terkait kemampuan.
2 Mengidentifikasi fungsi sosial terkait kemauan.

 

Pertemuan III

Melalui serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat:

  1. Mengidentifikasi nomina singular dan plural, pronoun demonstrative, article
  2. Mengidentifikasi possesive adjective.

 

Pertemuan IV

Melalui serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat:

1 Menyusun teks interaksi tulis sederhana yang melibatkan tindakan meminta dan memberi informasi terkait kemampuan dan kemauan.
2 Melakukan roleplay percakapan sederhana yang sudah di buat siswa dengan ucapan dan intonasi yang bena

Fokus Penguatan Karakter: Kejujuran, kepedulian

 

  1. MATERI PEMBELAJARAN

Materi Reguler

Fungsi social

Menjelaskan, membanggakan, berjanji, mengajak, dan sebagainya

Struktur teks lagu

– Memulai

– Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan

 

Unsur kebahasaan

–       Ungkapan kemampuan dan kemauan yang sesuai, dengan

–          Modal: can, will.

–          Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

–          Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

 

Topik

–          Interaksi antara siswa di dalam dan di luar kelas yang melibatkan kemampuan dan kemauanmelakukan tindakan yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

 

 

Materi Pengayaan

Unsur kebahasaan

Ungkapan kemampuan dan kemauan yang sesuai, dengan

Modal: can, will.

Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

 

 

 

 

 

 

Materi Remedial

Unsur kebahasaan

Ungkapan kemampuan dan kemauan yang sesuai, dengan

Modal: can, will.

Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

 

 

 

 

 

 

  1. METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan saintifik

 

  1. MEDIA DAN BAHAN
  2. Media/Alat : laptop, LCD
  3. Bahan         : Worksheet buatan guru

 

  1. SUMBER BELAJAR
  2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Bahasa Inggris, When English Rings The Bell, SMP/Mts Kelas VIII, hal 2 sd 18, edisi revisi 2017 dan sumber lain yang sesuai
  3. Ucapan guru

 

  1. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan I

Langkah Pembelajaran Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan Guru:

1.   mengucapkan salam dan tegur sapa

2.   mengecek kehadiran siswa, berdoa, menyiapkan suasana belajar yang kondusif

3.   mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan materi yang sebelumnya

4.   menyebutkan tujuan pembelajaran dan rencana penilaian

5.   menyebutkan kegiatan belajar yang akan dilakukan

10’
Kegiatan Inti I

Mengamati dan menanya

 

1.      Siswa melihat tayangan dialog-dialog pendek (BS hlm. 20)

2.      Siswa mendengarkan ucapan guru membacakan dialog tersebut.

3.      Siswa menirukan ucapan guru membacakan dialog.

4.      Siswa menanyakan arti kata dan ungkapan baru.

5.      Siswa berlatih mengidentifikasi ungkapan kemampuan dengan mengerjakan lat ihan halm 24   dan membahasnya secara klasikal.

6.      Siswa melihat tayangan tabel kemampuan kemudian mengerjakan latihan (BS hlm. 25 -26)

7.      Siswa mendengarkan ucapan guru membacakan ungkapan kemampuan

8.      Siswa menirukan ucapan guru membacakan ungkapan kemampuan.

9.      Siswa menanyakan arti kata  baru.

10.    Siswa berlatih mengidentifikasi ungkapan kemampuan.

11.    Siswa melihat tayangan dialog-dialog pendek (BS hlm. 27-28)

12.    Siswa mendengarkan ucapan guru membacakan dialog tersebut.

13.    Siswa menirukan ucapan guru membacakan ungkapan kemauan halm 29

14.    Siswa menanyakan arti kata dan ungkapan baru.

15.    Siswa berlatih mengidentifikasi ungkapan kemauan dengan mengerjakan latihan BS hlm 30.

60’
Kegiatan Penutup Siswa dan guru:

1.    membahas manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan

2.    membahas kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran

3.    menyimpulkan hasil pembelajaran

4.    menyampaikan kegiatan dan topik rencana  pembelajaran untuk pertemuan berikutnya, yakni belajar melakukan role-play dan belajar membuat teks interaksi lisan

10’

 

Pertemuan II

Langkah Pembelajaran Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan Guru:

1.      mengucapkan salam dan tegur sapa

2.      mengecek kehadiran siswa, berdoa, menyiapkan suasanabelajarn yang kondusif

3.      menanyakan hal-hal terkait kegiatan pada pertemuan sebelumnya

4.      menyebutkan kegiatan belajar yang akan dilakukan

10’
Kegiatan Inti

Mengumpulkan Informasi dan Mengasosiasi

1.      Secara berpasangan, siswa mengidentifikasi fungsi social ungkapan kemampuan dan kemauan dari halm 23- 29

2.      Secara berpasangan siswa mebuat ungkapan kemampuan dan kemauan untuk mebanggakan, mengajak,memerintah .

3.      Siswa dan guru membahas hasil kerja siswa

 

60’
Kegiatan Penutup Siswa dan guru:

1.    Membahas manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan

2.    Membahas kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran

3.    Menyimpulkan hasil pembelajaran

4.    Menyampaikan kegiatan dan topik rencana  pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

10’

 

Pertemuan III

Langkah Pembelajaran Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan Guru:

1.       Mengucapkan salam dan tegur sapa

2.       Mengecek kehadiran siswa, berdoa, menyiapkan suasanabelajarn yang kondusif

3.      Menanyakan hal-hal terkait kegiatan pada pertemuan sebelumnya

4.      Menyebutkan kegiatan belajar yang akan dilakukan

10’
Kegiatan Inti

Mengomunikasikan

1.      Siswa mengidentifikasi nomina singular, dan plural demonstrative pronoun, article dan possessive adjective dengan mengerjakan LKS

2.      Siswa dan guru membahas LKS yang telah dikerjakan siswa

60’
Kegiatan Penutup Siswa dan guru:

1.      Membahas manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan

2.      Membahas kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran

3.      Menyimpulkan hasil pembelajaran

4.      Menyampaikan kegiatan dan topik rencana  pembelajaran untuk pertemuan berikutnya,

10’

 

Pertemuan  IV

Langkah Pembelajaran Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan Guru:

1.       Mengucapkan salam dan tegur sapa

2.       Mengecek kehadiran siswa, berdoa, menyiapkan suasanabelajarn yang kondusif

3.      Menanyakan hal-hal terkait kegiatan pada pertemuan sebelumnya

4.      Menyebutkan kegiatan belajar yang akan dilakukan

10’
Kegiatan Inti

Mengomunikasikan

1.    .Secara berpasangan siswa membuat dialog tentang kemampuan dan kemauan.

2.     Siswa melakukan role play dialog yang telah dibuat

3.     Siswa dan guru membahas hasil kerja siswa

 
Kegiatan Penutup Siswa dan guru:

1.       Membahas manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan

2.          Membahas kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran

3.          Menyimpulkan hasil pembelajaran. Menyampaikan agenda kegiatan berikutnya

 

 

 

  1. PENILAIAN
  2. Penilaian
  3. Sikap Spiritual
    • Teknik : Observasi
    • Instrumen : Lembar Observasi/Jurnal
No. Waktu Nama PD Catatan Perilkau Butir Sikap Ket. Ttd. Tindak Lanjut

 

 

  1. Sikap Sosial
  • Teknik : Observasi
  • Instrument : Lembar Observasi/Jurnal
No. Waktu Nama PD Catatan Perilkau Butir Sikap Ket. Ttd. Tindak Lanjut

 

  1. Pengetahuan
  • Teknik : Tes Tertulis
  • Bentuk : Pilihan Ganda dan Isian Singkat
  • Kisi :
Indikator Soal Soal Bentuk Soal Nomor Soal
Diberikan kalimat rumpang ungkapan kemampuan siswa dapat menentukan kata yang tepat.

 

Terlampir PG 1,2,3,4,5
 

Diberikan dialog rumpang siswa dapat melengkapi dengan pertenyaan yang menenyakan dengan menggunakan can

 

Terlampir PG 6
Diberikan beberapa kalimat siswa dapat menentukan ungkapan kemampuan yang benar

 

Terlampir PG 7,8,9,
Diberikan kalimat nrumpang siswab dapat melengkapi ungkapan ketidakmampuan

 

Terlampir PG 10
Diberikan kalimat rumpang siwa dapat melangkapi ungkapan kemampuan Terlampir PG 11
Diberikan dialog singkat tentang menentukan tindak tutur yang digunakan dengan benar.

 

Terlampir PG 6,12
Diberikan dialog rumpang entang kamauan siswa dapat melengkapai dengan benar

 

Terlampir PG 13-20
Diberikan kata acak siswa dapat menyusun menjadi ungkapan yang nenyatakan kemampuan

 

Terlampir Essay 21
Diberikan kata acak siswa dapat menyususn menjadi kalimat yang menanyakan kemampuan

 

Terlampir Essay 22
Diberikan kata acak siswa dapat menysusun menjadi ungkapan yang menanyakan kemauan.

 

Terlampir Essay 23
Diberikan kata acak siswa dapat menysusun menjadi ungkapan yang menanyakan kemauan.

 

Terlampir Essay 24,25

 

  1. Rubrik PG        : Jumlah jawaban benar dikalikan 1 (20 x 1= 20)
  2. Rubrik Essay      : Jawaban benar skor 2, jawaban hampir benar skor 1,

jawaban salah atau tidak dijawab skor 0.  (5 x 2)= 10

  1. Skor akhir= total skor : 3 x 10

 

  1. Keterampilan
    • Teknik : 1. Praktik / Kinerja , 2. Produk
    • Bentuk : 1. Perintah Kerja,        Menulis
    • Kisi :
Indikator Soal Soal
Diberikan situasi tertentu, siswa dapat melakukan role-play sesuai situasi yang diberikan Write five short dialog about ability and five short dialog about willingness

 

Play role of your dialog

 

  • Rubrik :
    1. Role-play/bermain peran
Kinerja Deskripsi Rentang Skor
Bermain peran Mahir: Lancar, mencapai fungsi sosial, struktur lengkap, dan unsur kebahasaan sesuai 86-95
Memuaskan: lancar, kosakata dan kalimat berkembang, serta ada transisi 76-85
Terbatas: Membaca naskah, kosakata terbatas, dan tidak lancer … – 75

 

  1. Produk/menulis
Produk Deskripsi Rentang Skor
Menulis teks interaksi lisan Mahir: Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi 86-95
Memuaskan: Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat 76-85
Terbatas: penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai … – 75

 

  1. Pembelajaran Remedial

Pembelajaran remedial diberikan kepada mereka yang belum mencapai KKM dengan cara memberi penugasan berupa membuat tabel daftar ungkapan yang sudah dipelajari

 

  1. Pembelajaran Pengayaan

Pembelajaran pengayaan diberikan kepada mereka yang sudah lolos KKM dengan cara penugasan mencari contoh dialog dari berbagai sumber.

 

Wonosari, 17 Agustus 2017

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 1 Wonosari

 

 

 

MUH. NURHADI, S,Pd, M.Hum .

NIP 196805231994021005

 

 

Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

KUSDARINI, S.Pd

NIP 196006231981032008

 

 

 

Lampiran soal Penilaian aspek Pengetahuan (3.2)

 

  1. Choose the best answer.
  2. Dina is a smart and diligent student. She can … her test easily and always gets one hundred.
  3. to do does              c. do                 d. doing
  4. Vino`s mother is very proud of him because he can … up early himself. She never wakes him up.
  5. get stand             c. give               d. go
  6. Vera always speaks softly, but she can … very loudly.
  7. walk work             c. dance            d. sing
  8. A dog … like a bird because … a dog doesn`t have wings.
  9. cannot run can`t bark     c. cannot fly      d. can`t move
  10. People can`t swim across the sea but they can … to across it.
  11. swim easily make a ship   c. across the sea            d. run quickly
  12. Berta : … ?

Beni      : We can do some experiments there.

  1. What we can do in the laboratory
  2. What can we do in the laboratory
  3. Why we can do some experiments
  4. Why can we do some experiments
  5. Which of these sentences is correct?
  6. The little child can the stairs go up himself
  7. The stairs can go up the little child himself
  8. The child can go up the stairs little himself
  9. The little child can go up the stairs himself
  10. The girl is still two years old, but she ….
  11. can eat herself
  12. can cry loudly
  13. can`t walk fast
  14. can`t drink herself
  15. Which of the sentences below is correct?
  16. Why you cannot fly like an eagle?
  17. Why can`t you fly like an eagle?
  18. Why you can fly like an eagle?
  19. Why an eagle cannot fly like you?
  20. Ricky can play the guitar but ….
  21. He can play the violin
  22. He can play the drum, too
  23. He can`t play the angklung
  24. He cannot plays the gamelan
  25. My classmate Angga is very kind. He will … me if I have difficulty in doing my homework.
  26. helps help              c. helping                      d. to help
  27. Although my father has a lot of work to do, he ….
  28. won`t come to my birthday party
  29. will not attend the meeting
  30. will come to my school to attend the meeting
  31. will work from morning until evening
  32. Weny : When will you visit your grandparents in Surabaya, Tika?

Tika      : …. On that day I`m free.

 

  1. Last Sunday
  2. Yesterday
  3. Two day ago
  4. Next Saturday

 

  1. Dika : Don`t go to my house tonight because I … I`ll go to Semarang with my family.

Sita       : Okay. I see.

 

  1. won`t be at home
  2. will not go anywhere
  3. will stay at home
  4. will go nowhere

 

 

  1. Lita : …

Dita       : By train

  1. Who will come to you house?
  2. Where will you stay during the holiday?
  3. What will you do on Sunday?
  4. How will you go to Jakarta?
  5. Rita : Our parents will … when we get good marks.

Gita      : Of course.

 

  1. be happy
  2. be disappointed
  3. happy
  4. disappointed

 

  1. Vita :What will your parents do when you get the first rank, Sherly?

Sherly   : They will ….

  1. giving a present
  2. to take me to Bali
  3. lets me go to Safari Park with them
  4. buy me a new hand-phone
  5. My cousin, Lisa, will come to my house with her younger sister ….

 

  1. Yesterday afternoon
  2. Last Sunday
  3. Next holiday
  4. Last night

 

  1. Tito :How long will you stay in aunt`s house, Ben?

Beni      : ….

 

  1. Tomorrow morning
  2. About a week
  3. Three days ago
  4. No, I won`t

 

  1. Teacher : … ?

Students            : Sure, Sir.

  1. Will your parents proud of you if you get the first rank?
  2. Will your parents be sad if you get the first rank?
  3. What will your parents do if you get the first rank?
  4. Will your parents be happy if you get the first rank?

 

II.Arrange these jumbled words into good sentences. Start with the underlined word.

 

  1. able – The – sing – boy – little – is – to – pop songs
  2. your – brother – bicycle – younger – ride – a – himself – ? – Can
  3. will – to – go – With – Bali – whom – you – ?
  4. have – if – will – I – buy – bag – new – money – a -I
  5. come – party – her – will – if – invites – she – you – ? – to

 

GOOD LUCK