SILABUS

 

Mata Pelajaran                :  Bahasa Inggris

Kelas                             :  VIII

Alokasi Waktu                :  4 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung ( indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan,  pembiasaan,  dan  budaya  sekolah dengan memperhatikan  karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Peterampilan sebagai berikut  ini.

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Siswa mampu

3.1   menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan pendapat, serta menanggapinya,  sesuai dengan konteks penggunaannya

4.1   menyustm teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, serta meminta dan mengungkapkan pendapat, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

·         Fungsi Sosial

Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman

 

·         Struktur Teks

–       Memulai

–       Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

 

·         Unsur Kebahasaan

–       Ungkapan a.I. Excuse me, Is it clear?, Great, I think so., dsb.

–       Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

 

·         Topik

Interaksi antara siswa dan guru di dalam dan di luar kelas yang tindakan meminta  perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan pendapat yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di Kl

 

·         Menyimak, menirukan, dan memperagakan beberapa contoh percakapan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

·         Mengidentifikasi ungkapan yang sedang dipelajari

·         Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda

·         Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa

·         Membiasakan menerapkan yang sedang dipelajari dalam interaksi dengan guru dan teman secara alami di dalam dan di luar kelas

·         Melakukan refleksi tentang proses dan basil belajar

Kriteria Penilaian

·       Tingkat ketercapaian fungsi sosial (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya.

·       Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya.

–       Sikap santun, peduli, dan percaya diri yang menyertai (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya.

 

Cara Penilaian:

Kinerja (praktik)

Simulasi dan/atau bermain peran (role play) dalam melakukan (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, serta responnya.

Observasi

(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)

Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, dan responnya, ketika muncul kesempatan di dalam dan di luar kelas.

·

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
 

Siswa mampu:

3.2   menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kemampuan dan kemauan, melakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan can, will)

 

4.2   menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kemampuan dan kemauan, melakukan suatu tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

·         Fungsi sosial

Menjelaskan, membanggakan, berjanji , mengajak, dan sebagainya .

 

·         Struktur teks

–       Memulai

–       Menano oapi (diharapkan/di luaqr dugaan

 

·         Unsur kebahasaan

Ungkapan kemampuan dan kemauan yang sesuai, dengan modal: can, will.

 

·         Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

 

·         Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

 

·         Topik

Interaksi antara siswa di dalam dan di luar kelas yang melibatkan kemampuan dan kemauan melakukan tindakan yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

–       Menyimak, membaca, dan menirukan, guru membacakan beberapa teks pendek berisi kemampuan dan kemauan , dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

–       Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda

–       Menentukan modal yang tepat untuk diisikan ke dalam kalimat-kalimat rumpang

–       Bertanya jawab dengan teman tentang kemampuan dan kemauan masing-masing untuk melakukan tindakan­ tindakan tertentu

–       Memaparkan hasil temuannya dalam bentuk teks pendek tentang  teman nya dan mempresentasikan di kelompok lain diikuti tanya jawab

–       Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajamya

·       Observasi terhadap kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.

Observasi terhadap kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi di dalam dan di luar kelas

Penilaian diri:

Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana bahasa Indonesia tentang pengalaman belajar berinteraksi dengan (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

 

Siswa mampu:

3.3   menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan, larangan, dan himbauan, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan must, should)

 

 

·       Fungsi social

Menyuruh, melarang, dan menghimbau.

 

·       Struktur teks

–       Memulai

–       Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

 

·       Unsur kebahasaan

–       Ungkapan keharusan, larangan, himbauan dengan modal must, (don ‘t) have to…, should,

–       Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

–       Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

 

 

 

 

–       Menyimak, membaca, dan inenirukan, guru membacakan beberapa percakapan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

–       Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda

–       Menentukan modal yang tepat untuk diisikan ke dalam kalin1at-kalimat iumpang

–       Diberikan beberapa kasus, bertanya jawab dengan te1nan tentang keharusan, larangan, himbauan melakukan tindakan­ tindakan tertentu

 

 

 

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
 

4.3   menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan, larangan, dan himbauan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

·       Topik

Interaksi antara siswa dan guru di dalam dan di luar kelas yang melibatkan keharusan, larangan, himbauan yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

 

–       Memaparkan hasil temuannya dalam bentuk teks pendek tentang te1nannya dan mempresentasikan di kelompok lain diikuti tanya jawab

–       Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajamya

 

Siswa mampu:

3.4   menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyuruh, mengajak , meminta ijin, serta menanggapinya , sesuai dengan konteks penggunaannya

 

4.4   menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyuruh, mengaj ak, meminta ijin, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebal1asaan yang benar dan sesuai konteks

 

·       Fungsi sosial Menjaga hubungan

interpersonal dengan guru dan ternan.

 

·       Struktur teks

–       Memulai

–       Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

 

·       Unsur Kebahasaan

–       Ungkapan antara lain let’ …, can you

…, would you like …, may I, please.

–       Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, tliis, those, my, their, dsb.

–       Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

 

 

–     Menyimak, menirukan, dan memperagakan beberapa contoh percakapan , dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

–     Mengidentifikasi ungkapan yang sedang dipelajari

–     Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda

–     Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa

–     Bertanya jawab dengan teman tentang tindakan menyuruh, mengajak, meminta ijin, dan  menanggapinya

–     Melakukan retleksi tentang proses dan hasil belajar

 

Siswa mampu:

3.5  membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk greeting cards, dengan memberi dan meminta informasi terkait

 

 

·  Fungsi social

Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.

 

·  Struktur Teks

Teks greeting cards dapat mencakup

–      Identifikasi (nama peristiwa, hari istimewa) bersifat khusus

 

 

–     Mencermati dan menemukan perbedaan dan persamaan dari beberapa greeting cards untuk hari spesial tertentu

 

–     Mengidentifikasi dan menyebutkan ucapan selamat yang ada dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
 

 

4.5   menyusun teks khusus dalam bentuk greeting cards, sangat pendek dan sederhana, terkait hari­ hari spesial dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur

 

–      Ungkapan khusus yang relevan

–      Gambar, hiasan, komposisi wama

 

·  Unsur Kebahasaan

–      Ungkapan a.I. Congratulations. Well done. Goodjob., dll.

–      Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

 

·  Topik

Peristiwa, peringatan ulang tahun, naik kelas, kejuaraan dsb. yang dapat rnenumbuhkan perilaku yang termuat di Kl

 

 

 

–     Mencermati dan menemukan perbedaan dan persamaan dari beberapa greeting cards untuk event lain

 

–     Mengidentifikasi perbedaan dan persamaan, dan memberikan penilaiannya

 

–     Membuat greeting cards terkait hari istimewa yang relevan dengan siswa saat itu.

 

–     Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarya

 

Siswa mampu:

3.6   menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta infonnasi terkait keberadaan orang, benda, binatang, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan there is/are)

4.6   menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang, benda, binatang, dengan memperhatikan fimgsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

·         Fungsi sosial

Menyebutkan,  mendeskripsikan, membuat inventaris, dan sebagainya.

 

·         Struktur teks

–       memulai

–       Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

·         Unsur Kebahasaan

–       Ungkapan dengan There is/are

–       Kata jumlah yang tidak tertentu: little, few, some, many, much, a lot (of).

–       Frasa kata depan: in, on, under, infront of, below, above, dan lain lain.

–       Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

 

·         Topik

Keberadaan orang, binatang, benda, di kelas, sekolah, rumah, dan sekitamya yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

 

 

–       Menyimak dan menirukan guru menanyakan dan menyebutkan keberadaan orang, benda, binatang di rumah , sekolah, dan sekitarnya, dengan tata bahasa, ucapan dan tekanan kata yang benar

 

–       Mencermati beberapa teks pendek tentang situasi suatu tempat dengan menyebutkan keberadaan orang, benda, binatang dan jumlahnya untuk kemudian m.embaca dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

 

–       Mengisikan dengan ungkapan jumlah yang tepat pada kalimat-kalimat rumpang

 

–       Membuat teks pendek untuk mendeskripsikan rumah masing-masing dan sekitarnya dengan menyebutkan  keberaan orang, benda, binatang dan jumlahnya, dengan ejaan dan tanda baca yang benar

 

 

 

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
 

Siswa mampu:

3.7   menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi  dan meminta  informasi  terkait keadaari/tindakan/kegiatan kejadian yang dilakukan/terjadi  secara rutin atau merupakan kebenaran umum,  sesuai dengan  konteks penggunaan nya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple present tense)

 

4.7   menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/kegiatan/ kejadian yang /terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, dengan memperbatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebabasaan yang benar dan sesuai konteks

 

·         Fungsi social

–  Menjelaskan, mendeskripsikan

 

·         Struktur teks

–  Menilai

–  Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

 

·         Unsur kebahasaan

–  Kalimat deklaratif dan interogatif dalam Simple Present Tense.

–  Adverbia: always, often, sometimes, never, usually, every

–  Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

–  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

 

·         Topik

Kegiatan/kejadian sehari-hari dan kebenaran umum yang dapat ment1mbuhkan perilaku yang termuat di KI

–   Menyimak dan menirukan guru membacakan teks-teks pendek dan sederhana tentang kejadian rutin yang merupakan kebenaran umum yang sangat dikenal siswa, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

–   Mengidentifikasi  ungkapan­ ungkapan yang menunjukkan kejadian rutin dalam teks

–   Menanyakan tentang kejadian rutin yang serupa dengan yang disebutkan dalam teks pada konteks lain

–   Bertanya jawab tentang kegiatan rutin yang biasa, sering, kadang-kadang, biasanya, tidak pernah mereka lakukan sebagai anggota keluarga dan remaja sekolah menengah

–   Mengumpulkan informasi tentang hal-hal yang biasa, sering, kadang-kadang, biasanya dilakukan di keluarganya untuk membuat teks-teks pendek dan sederhana

–       Saling menyimak dan bertanya j awab tentang teks masing-masing dengan teman-temannya

–   Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

 

Siswa mampu:

3.8   menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebabasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta infomasi terkait keadaan/ tindakan/kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/berlangsung saat diucapkan, sesuai dengan konteks penggunaannya.

 

 

·  Fungsi social

–     Menjelaskan, mendeskripsikan

 

·  Struktur teks

–     Memulai

–     Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

 

 

–      Menyimak dan menirukan guru menyebutkan tindakan, kegiatan yang sedang dilakukan di kelas, sekolah, dan rumah pada saat diucapkan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

–      Mengidentifikasi ungkapan­ ungkapan yang menunjukkan kejadian yang sedang terjadi

 

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
 

(Perhatikan unsur kebahasaan present continuous tense)

 

4.8   menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/  berlangsung saat diucapkan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebabasaan yang benar dan sesuai konteks

 

·  Unsur kebabasaan

–     Kalimat deklaratif dan interogatif dalam Present Continuous Tense

–     Adverbia: now

–     Nomina  singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

–     Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

 

·  Topik

Kegiatan dan kejadian yang sedang berlangsung di rumah, sekolah dan sekitamya yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

–      Bertanya jawab untuk mengetahui tindakan, kegiatan yang sedang dilakukan oleh anggota keluarga mereka

–      Menyebutkan  tinda.kan, kegiatan yang sedang dilakukan yang tampak pada tampilan visual (a.I. gambar, video)

–      Membuat teks pendek berdasarkan tampilan visual lainnya

–      Saling menyimak dan bertanya jawab tentang teks masing-masing dengan teman-temannya

–      Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

Siswa mampu:

3.9   Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perbatikan unsur kebabasaan degree of comparison)

 

4.9   menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi da11meminta informasi terkait perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

•  Fungsi social

•  Mengidentifikasi, mengenalkan, memuji, mengkritik, mengagumi.

 

•  Struktur teks

–       Memulai

–       Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

 

•  Unsur kebabasaan

–       Kalimat perbandingan positif, komparatif dan superlatif dengan: as as, -er, -est, more …, the most

–       Perbandingan jumlah: more, viewer, less

–       Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

–       Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

•  Topik

Perbandingan orang, benda, binatang di kelas, sekolah, rumah, dan sekitamya yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di Kl

–   Menyimak dan menirukan guru membaca interaksi yang menggambarkan perbandingan jumlah dan sifat orang, benda, binatang, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

–   Menjawab pertanyaan dengan  menggunakan informasi yang terdapat dalam teks, secara lisan.

–   Mendeskripsikan perbandingan jum lah dan sifat orang, benda, binatang yang tampak dalam dua gambar yang berbeda

–   Bertanya jawab untuk inembandingkan orang, benda, binatang yang mereka ketahui di rumah, sekolah dan sekitamya

–   Membuat beberapa teks pendek dan sederhana membandingkan orang, benda, binatang yang mereka ketahui

–   Saling menyimak dan bertanya jawab tentang teks masing-masing dengan teman-temannya

–   Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

 

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Siswa mampu:

3.10  menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak rutin, atau menjadi kebenaran umum di waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense)

4.10 menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi , rutin maupun tidak rutin, atau menjadi kebenaran umum di waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

·  Fungsi sosial

–       Melaporkan, menceritakan, menjelaskankejadian yang dilakukan/terjadi, di waktu lampau.

 

·  Struktur teks

–       Memulai

–       Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

 

·  Unsur kebahasaan

–       Kalimat deklaratif dan interogatif dalam bentuk Simple Past Tense

–       Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

–       Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

 

·  Topik

Kegiatan, tindakan yang (rutin) terjadi di masa lalu di sekolah, rumah, dan sekitamya yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di Kl

–   Membaca dan mencermati teks-teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang terjadi di masa lampau

–   Melengkapi kalimat dengan jawaban berupa ungkapan­ ungkapan yang diambil teks, dengan ejaan dan tanda baca yang benar

–   Bertanya jawab  tentang kegiatan/peristiwa di waktu lampau yang mereka dan anggota keluarga  atau temannya alami

–   Mengumpulkan informasi tentang beberapa peristiwa atau kegiatan di waktu lampau untuk membuat teks­ teks pendek dan sederhana

–   Saling mempresentasikan, menyimak dan bertanya jawab tentang teks masing- masing dengan teman­ temannya, secara lisan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

–   Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

 

Siswa mampu:

3.11 membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebal1asaan beberapa teks personal recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

 

 

·  Fungsi social

–     Melaporkan, mengambil teladan, membanggakan

 

·  Struktur teks Dapat mencakup

–     Orientasi

–     urutan kejadian/kegiatan

–     orientasi ulang

 

·  Unsur kebahasaan

–     Kalimat deklaratif dan interogatif dalam Simple Past tense

 

 

–       Menyimak guru membaca beberapa teks recount tentang pengalaman pribadi seseorang

–       Bertanya jawab tentang kejadian, kegiatan yang dialami secara kronologis

–       Menggunakan bagan untuk mempelajari alur cerita

 

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
 

4.11   Teks recount

4.11.1  menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau (personal recount)

4.11.2  menyusun teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau (personal recount), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

–       Adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu: yesterday , last month, an hour ago, dan sebagainya.

–       Adverbia penghubung waktu: fir st, then, after that, before , at last, f inally, dan sebagainya.

–       Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, n’ly, their, dsb.

–       Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

 

·  Topik

Peristiwa, pengalaman yang terjadi di sekolah, rumah, dan yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

–       Menuliskan beberapa teks pendek yang didiktekan guru dengan tulisan tangan.

–       Melengkapi ringkasan pengalaman dengan kalimat­ kalimat yang diambil dari teks, dengan ejaan dan tanda baca yang benar

–       Mengumpulkan informasi tentang pengalaman pribadi di waktu lampau untuk membuat teks pendek dan sederhana

–       Saling mempresentasikan, menyimak dan bertanya jawab tentang teks masing- masing dengan teman­temannya secara lisan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

–       Melakukan refleksi tentang proses dan basil belajarnya

Siswa mampu:

3.12   membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice), dengan memberi dan meminta infonnasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya

 

·  Fungsi sosial

–     Memberi  informasi tindakan dilaksanakan sesuai yang diharapkan.

 

·  Struktur text

Dapat mencakup:

–   Judul atau tujuan pengumuman

–   Informasi rinci yang diumumkan

 

·  Unsur kebahasaan

–   Ungkapan -ungkapan yang lazim digunakan dalam pengumuman yang berbeda­beda

–   Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

–   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tai1gan.

 

 

–       Membaca dengan suara lantang setiap pengumuman/ pemberitahuan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

 

–       Menyimak untuk menemukan perbedaan dan persamaan dari beberapa pengumuman/ pemberitahuan pendek dan sederhana, dengan menggunakan tabel analisis

 

–       Mempelajari contoh dan kemudian mempresentasikan hasil analisis tersebut di atas secara lisan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

 

 

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
4.12   teks pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan (notice)

4.12.1      menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pesan singkat dan pengumuman/pemberitah uan (notice) lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait kegiatan sekolah

4.12.2      menyusun teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan (notice), sangat pendek dan sederhana, terkait kegiatan sekolah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

 

·  Topik

Kegiatan, kejadian, peristiwa, dan hal penting bagi siswa dan guru yang dapat menimbulkan perilaku yang termuat di KI

 

·  Multitnedia

–   Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik.

 

–    Membuat pengumuman/ pemberitahuan yang lazim dibuat di kelas dan sekolah, untuk kemudian ditempel di dinding kelas

 

–    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

Siswa mampu:

3.13      menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs

4.13   menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs

 

 

·  Fungsi sosial

Mengembangkan nilai-nilai kehidupan dan karakter yang positif

 

·  Unsur kebahasaan

–   Kosa kata dan tata bahasa dalam lirik lagu

–   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.

 

·  Topik

Hal-hal yang dapat memberikan keteladanan dan menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

 

–   Membaca, menyimak, dan menirukan lirik lagu secara lisan

 

–   Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau berbeda

 

–   Menyebutkan pesan yang terkait dengan bagian-bagian tertentu

 

–   Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajamya

 

 

Mengetahui                                                                    Wonosari, 5 Agustus 2017

Kepala Sekolah,                                                              Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

MUH. NURHADI, S.Pd.,M.Hum.                                           KUSDARINI, S.Pd.

NIP 196805201994021005                                                    NIP 19600623 198103 2 008