Silabus Kelas 7
SILABUS BAHASA INGGRIS
KELAS VII
Tahun Pelajaran 2017/2018
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Pembelajaran untuk kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |
3.1 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
· Fungsi sosial
Menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman. · Struktur teks – Memulai – Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan) · Unsur kebahasaan – Ungkapan-ungkapan yang lazim digunakan – Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan · Topik Interaksi antara peserta didik di dalam di luar kelas yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI |
– Menyimak, menirukan, dan memperagakan beberapa contoh percakapan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar.
– Mengidentifikasi ungkapan yang sedang dipelajari – Belajar menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda. – Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa. – Membiasakan menerapkan yang sedang dipelajari. dalam interaksi dengan guru dan teman secara alami di dalam dan di luar kelas. – Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar. |