Senin, 28 Mei 2018, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Wonosari mengundang orang tua/wali siswa kelas IX untuk menerima kelulusan putra-putrinya. Pengumuman kelulusan bertempat di ruang Lab. Biologi, dipandu oleh Ib. Tira Susana sebagai pembawa acara dengan susunan acara : 1) Pembukaan 2) Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3) Sambutan Kepala Sekolah 4) Penjelasan dan Pengumuman Kelulusan 5) Sambutan Ketua Komite 6) Lain-lain 7) Penutup.

  • Acara yang pertama adalah pembukaan, acara dibuka dengan doa bersama oleh Ib. Tira Susana. Acara dimulai pukul 09.00 WIB.
  • Acara yang kedua adalah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dipimpin oleh Ib. Dari Setyowati.
  • Acara yang ketiga adalah sambutan kepala sekolah. Bp. Muh. Nurhadi menginformasikan bahwa sekolah aka nada pembangunan aula dan menyampaikan peringkat 10 besar DIY.
  • Acara yang keempat adalah penjelasan kelulusan yang disampaikan oleh Ib. Sri Wahyuni. 1) Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan/program pendidikan setelah memenuhi kriteria : a) menyelesaikan seluruh program pembelajaran b) memperoleh nilai sikap / perilaku minimal baik c) mengikuti Ujian Nasional d) lulus USBN 2) Peserta didik dinyatakan lulus Ujian Sekolah Berstandar Nasional apabila peserta didik telah memenuhi kategori minimal 76 3) Nilai USBN merupakan gabungan antara Nilai USBN Tulis dan Nilai USBN Praktik dengan pembobotan 50% Nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tulis dan 50% Nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional Praktik 4) Kelulusan peserta didik ditetapkan setelah satuan pendidikan menerima hasil UN peserta didik yang bersangkutan 5) Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditetapkan berdasarkan Rapat Dewan Guru

Berdasarkan kriteria tersebut, Kepala SMP Negeri 1 Wonosari memutuskan bahwa peserta didik kelas IX tahun pelajaran 2017/2018 sejumlah 191 peserta didik dinyatakan lulus 100%.

  • Acara yang kelima adalah sambutan Ketua Komite SMP Negeri 1 Wonosari. Bp. Bambang Setiawan menyampaikan kekurangan sumbangan sukarela kelas IX masih kurang 44 juta.
  • Acara yang keenam adalah lain-lain
  • Acara yang ketujuh adalah penutup. Acara ditutup dengan doa bersama oleh Ib. Tira Susana. Acara berakhir pukul 10.00 WIB.

Orang tua/wali siswa kelas IX menerima surat keputusan tentang kelulusan putra-putrinya dimana di dalam surat keputusan dicantumkan nilai UNBK dan USBN.(noerkha91)