Selasa, 24 Juli 2018, di SMP Negeri 1 Wonosari telah dilaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS). Bapak Sarjono dan Bapak Supomo selaku tim penilai dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul menilai kinerja kepala SMP Negeri 1 Wonosari Bapak Muh. Nurhadi. Ada 39 indikator yang dinilai pada PKKS dimana sebelumnya telah disiapkan oleh tim PKKS SMP Negeri 1 Wonosari. Tim dibagi menjadi 7 kelompok, kelompok pertama tentang kehumasan, kerjasama dll dikoordinatori oleh Bapak Sanyata, kelompok ke-2 tentang RKS dll dikoordinatori oleh Ibu Ponikem, kelompok ke-3 tentang penilaian dll dikoordinatori oleh Ibu Yati Siti Alinah, kelompok ke-4 tentang kurikulum dll dikoordinatori oleh Ibu Iin Indriyati, kelompok ke-5 tentang sarpras dll dikoordinatori oleh Ibu Ch. Ari Dwi Astuti, kelompok ke-6 tentang ke-TU-an dll dikoordinatori oleh Bapak Ahmadi, dan kelompok ke-7 tentang SIM dll dikoordinatori oleh Bapak Sigit Suryono.

Penilaian kinerja kepala SMP Negeri 1 Wonosari dilaksanakan mulai pukul 08.00 s.d. 13.00 WIB. Kegiatan PKKS berjalan dengan lancar tanpa ada halangan yang berarti. Tim penilai melakukan penilaian dari indikator pertama hingga indikator ke-39. Indikator yang dinilai berdasarkan sumber data berupa wawancara langsung, wawancara tidak langsung, dan administrasi/pendokumentasian kegiatan.

Pada umumnya SMP Negeri 1 Wonosari sudah melaksanakan kegiatan, khususnya yang ada di 39 indikator PKKS. Namun perlu ditingkatkan untuk pengadministrasiannya yaitu mulai dari 1) rencana program, 2) laporan kegiatan, 3) monitoring dan evaluasi, hingga 4) rencana tindak lanjut. Dengan adanya PPKS tahun ini, menjadikan motivasi bagi sekolah untuk menjadi yang lebih baik di masa yang akan datang.(noerkha91)