Rabu dan Kamis, 26 dan 27 September 2018 telah dilaksanakan workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) SMP Negeri Wonosari Tahun Pelajaran 2018/2019. Workshop dibuka oleh Bapak Drs. Sulistyono, M.Si. selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahrahga Kabupaten Gunungkidul. Dalam workshop ini dihadirkan 2 (dua) orang narasumber yaitu Bapak Dody Arianto, S.T., M.Pd. dan Bapak Susi Anto, S.T., M.Pd. dari LPMP D.I. Yogyakarta. Workshop berlangsung dari pukul 12.30 s.d. 15.30 WIB selama 2 (hari) berturut-turut.

Dalam workshop tersebut disampaikan alur SPMI adalah 1) penetapan standar mutu, 2) pemetaan mutu, 3) penyusunan rencana pemenuhan, 4) pelaksanaan pemenuhan, 5) evaluasi/audit mutu. Dan dari tahap yang ke-5 dapat ditetapkan standar mutu baru. Payung hukum dari SPMI sendiri adalah Permendikbud nomor 28 tahun 2018.

Workshop SPMI ini adalah tahap awal dari rangkaian SPMI karena tahap selanjutnya adalah pembentukan tim SPMI dan pendampingan SPMI. SPMI ini merupakan salah satu program kegiatan dari sekolah rujukan SMP Negeri 1 Wonosari. Workshop SPMI menjadi kegiatan pembuka program-program yang talah disusun oleh tim sekolah rujukan. (noerkha91)