Selasa, 19 Maret 2019, siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wonosari tahun pelajaran 2018/2019 mengikuti kegiatan pembelajaran kontekstual untuk mata pelajaran IPA dan IPS di PT Gunung Subur Sejahtera Karanganyar dan Museum Purbakala Sangiran Sragen, Jawa Tengah.

Berangkat dari sekolah pukul 07.00 WIB dan sampai di PT Gunung Subur Sejahtera pukul 09.00 WIB. Sesampainya di sana, SMP Negeri 1 Wonosari disambut dengan baik dengan diarahkan ke suatu ruangan (aula) tempat kunjungan. Di ruangan tersebut sudah disediakan minuman teh hasil produksi dari PT Gunung Subur Sejahtera. Di sana, siswa-siswi beserta pendamping diberikan penjelasan mengenai penghargaan yang pernah diperoleh dan proses perolehan bahan baku, proses pengolahan, hingga proses distribusi.

Yang menarik, ternyata teh asli buatan Indonesia ini sudah sampai ke Timur Tengah dan Jepang. Terdapat berbagai macam produk hasil produksi PT Gunung Subur Sejahtera baik yang berupa teh maupun bukan teh yaitu teh hijau, teh merah, teh melati, lemon tea, blaccurrant tea, ginger tea, ginseng tea, ginseng coffee, kopi celup, teh tjap kepala jenggot, dan teh gardoe. Produk andalan PT Gunung Subur yang diekspor ke luar negeri adalah green tea dan ginger tea.

Setelah selesai penjelasan tentang produk, semua peserta dan pendamping dipersilahkan menuju kantin (taman bermain) untuk makan siang bersama. Acara di PT Gunung Subur Sejahtera diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari SMP Negeri 1 Wonosari dan penyerahan souvenir dari PT Gunung Subur Sejahtera.

Perjalanan dilanjutkan menuju Museum Purbakala Sangiran. Sesampai di sana peserta dan pendamping dihimbau untuk melaksankan ibadah shalat terlebih dahulu. Berlangsung kurang lebih 2 (dua) jam, peserta didampingi oleh guru pendamping masing-masing dan guide dari museum berjalan melihat ruang pamer 1 hingga ruang pamer 3. Di sana terdapat koleksi fosil manusia purba, fosil tumbuhan, fosil binatang, dll. Waktu menunjukkan pukul 16.00 WIB, 5 (lima) buah armada bus melaju menuju SMP Negeri 1 Wonosari dengan menikmati hujan deras dari Sragen hingga sampai di Wonosari.

Kurang lebih pukul 19.30 WIB, semua bus tiba di sekolah. Semua peserta dan pendamping dalam keadaan sehat dan selamat. (noerkha91)