SMP Negeri 1 Wonosari merupakan sekolah Rujukan yang berada di Kabupaten Gunungkidul DIY. Selain memperoleh nilai tertinggi di Kabupaten Gunungkidul dalam capain UNBK tahun 2019 dan berhasil meraih peringkat 63 Nasional SMP Negeri 1 Wonosari juga terpilih sebagai salah satu Sekolah Inovatif oleh Pustekkom Kemdikbud karena memiliki Duta Rumah Belajar tahun 2018, juga sekolah kita telah menerapkan beberapa model pembelajaran Digital yang di terapkan oleh beberapa orang guru di SMP Negeri 1 Wonosari yang telah menerapkan pembelajaran digital.

Workshop pembelajaran Berbasis TIK dengan Rumah Belajar dan Google Classroom

Saat ini tim ICT SMP Negeri 1 Wonosari sedang mencoba membumikan Pembelajaran Digital Di SMP Negeri 1 Wonosari dengan pelatihan guru tentang pembelajaran menggunakan Rumah Belajar juga Mencoba menerapkan Google Classroom sebagai salah satu gerakan sekolah Inovatif yang menjadi Rencata Tindak Lanjut bapak Nurhadi selaku kepala sekolah dengan Pustekkom Kemdikbud saat Bimtek Sekolah Inovatif yang diselenggarakan di Pustekkom Kemdikbud pada bulan 28 Oktober – 1 Nopember 2019.

Program pembatik (Pembelajaran berbasis TIK telah dimulai dengan pelatihan seluruh guru SMP Negeri 1 Wonosari pada tanggal 5 Nopember dengan melaksanakan Sosialisasi fitur-fitur rumah belajar, kelas digital dll, selain itu juga Bapak ibu guru mencoba mengikuti kelas melalui Google Classroom yang disampaikan oleh bapak Fuad Ikhsanudin, M.Ag serta mencoba mengikuti kuis {Quiziz) yang terintegrasi dengan google classroom).

Menindak lanjuti hal tersebut saat kegiatan Lokakarya dan even Anugrah Ki Hajar Award di Balai Kartini, Korlab dan juga selaku ketua tim ict SMPN 1 Wonosari (Sigit Suryono DRB 2018 dari DIY) berusaha mencari lebih dalam tentang google for education dengan menemui beberapa tokoh pejabat google for education yang ada di Indonesia yaitu dengan Bapak Ganis Samoedra M selaku education sales manager Google for Education, bapak Arya Sanjaya selaku President Director PT Duta Digital Informatika, mas Andy Novi Suhanto selaku Business Development Manager DUGI. Dengan didampingi oleh bapak Sumarto selaku Kabid SD yang turut mendapingi bapak Bahron Rosyid yang mewakili Bupati Gunungkidul menerima Anugrah Ki Hajar Award Kategori Utama.

Dalam lobi tersebut kami menyampaikan tentang keinginan kuat sekolah kita untuk menerapkan google for education sebagai salah satu sekolah model inovatif berbasis digital untuk mendampingi Rumah Belajar Kemdikbud. Sehingga kemampuan akses lebih baik, dan juga kegiatan selama ini yang telah dilakukan oleh beberapa guru seperti bu Ponikem dengan test berbasis google form, pas sulis dengan google form, mas puji dan pak fuad dengan google classroom serta quiziz dan juga saya yang menerapkan pembelajaran kolaborasi dengan google slide, google docs, serta google sheet , google form, serta google classroom dapat lebih termanajemen dengan menggunakan nama domain sekolah kita yaitu smpn1wonosari.sch.id serta keinginan seluruh guru di sekolah kita yang terus termotivasi untuk menerapkan kelas digital dapat lebih termanajemen. Bismillah.

Siswa Kolaborasi Membuat Laporan Praktikum Dengan Google Slide maupun Google Docs.