Pada hari Jumat tanggal 31 Januari 2020 pukul 13:00 WIB sampai dengan pukul 15:00 WIB SMP Negeri I Wonosari mengadakan perpisahan  purna tugas Bapak Umar said S.Pd, dan Ibu Nurhayati yang pindah tugasdi rumah makan mbah Padmo, Ngawis, Karanggmojo, Gunungkidul. Dalam purna tugas Bapak Umar Said  dibacakan riwayat hidup oleh Ibu Sri Rahayu,  Bapak Umar Said  lahir tanggal 25 Januari 1960, menempuh pendidikan di SD I Ngenep Dadap, Semanu Ayu, lulus tahun 1972 , SMP Taman Dewasa, Candirejo Semanu lulus tahun 1975, kemudian melanjutkan ke SMA Muhammadiyah Wonosari  lulus tahun 1979.

Setelah lulus dari SMA bapak Umar Said melanjuutkan  keperguruan tinggi di Ikip Negeri Yogyakarta mengambi jurusan D1IPA kemudian lulus tahun 1982. Setelah lulus dari D1 IPA pada tanggal 1 Februari 1983diterima menjadi PNS dan bertugas di SMP Negeri I Gondang/SMP N I Ganggga Lombok, NTB  sampai tanggal 30 Maret 1999,selama 16 bulan Bapak Umar Said  mengajar di SMP N I Gangga, NTB, kemuudian mengajukan pindah tugas ke Gunungkidul, DIY tepatnya 1 April 1999 bertugas di SMP N 3 Tepus atau sekarang SMP NN 1 Tanjungsari, Gunungkidul sampai  tanggal 30 Junu tahun 2005. Pada tangggal 1 Juli 2005 Bapak Umar Said pindah tugas di SMP Negeri I Wonosari, Gunungkidul, DIY sampai pada tangaal 1 Fubruari 2020 Bapak Umar Said Purna tugas dari PNS. Jadi Pengabdian Bapak Umar Said sebagai guru selama 37 tahun, untuk Golongan terakhirnya 4 B.  Maka acara Selanjuutnya Sambuutan dari Kepala Sekolah SMP N I Wonosari yaitu Bapak M.Nurhad,  S.Pd. M.Hum . Beliau sangat berterima kasih kepada Bapak Umar Said, S.Pd dan Mbak Nur atas pengabdiaanya selama di SMP N I Wonosari.dan tentu diidalam bergaul banyak salah meminta maaf pada Pak Umar  beserta mbak Nur. Bapak Nurhadi hanya bisa mendoakan diberikan kesehatan dan pada Mbak Nur semoga  suukses ditempat yang baru serta bisa bekerja dengan nyyaman.Setelah smbutan dari  Bapak kepala Sekolah tibalah satnnya tanggapan dariBapak Umar Said,S.Pd ,dan Mbak Nurhayati yang pindah tugas ke Kecamatan Rongkop sebagai THL .Bapak Umar Said S.Pd sangat mengaresiasi sekligus mengucapkan terima kasih kepada sumua bapak ibu guru beserta karyawan TU  SMP Negeri I Wonosari. Setelah Tanggapan dari pak Umar maka acara dianjutkan  tanggapan dari komite sekolah yang di wakili oleh bapak Bambang Setiawan,  beliau mendoakan diberi kesehatan dan  panjang umur oleh Tuhan. Biarpun sudah purna tugas sebagai guru, kiranya pak umar masih bisa berguna bagi masyarat. Buat mbak Nur semoga diberikan kesehatan, kelancaran dalam bekerja dilingkungan yang baru.

Setelah tangggapan dari bapak Bambang Setiawan maka tangggapn dari Bapak Winarto, beliau mengatakan bahwa purna tugas bukanlah akhir dari segalanya, masih bisa bekerja dilingkungan masyarakat, juga mengajak bergabung dalam kelompok purna tugas SMP N I Wonosari. Setelah itu acara dilanjutkan dengan doa kemudian ditutup dengan sesi foto bersama. (Nug)