Perkemahan Wira Muda Karya Bakti tahun 2019 yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 April 2019 sampai dengan Senin, 8 April 2019 yang diikuti oleh 194 siswa. Sedangkan kepanitiaan ada 25 orang terdiri dari guru, tenaga kependidikan, dan pembina pramuka.

 Adapun dasar pemikiran diadakannya perkemahan ini adalah mewujudkan Gerakan Pramuka sebagai suatu gerakan pendidikan kepanduan bagi generasi muda Indonesia untuk melakukan usaha mengembangkan dan membangun manusia yang tinggi mental, budi pakerti, dan taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mewujudkan insan pembangunan yang sanggup membangun dirinya dan bersama-sama membangun masyarakat. Perkemahan Wira Muda Karya Bakti merupakan salah satu kegiatan Gerakan Pramuka yang untuk mencapai tujuannya dalam bentuk perkemahan pramuka penggalang yang terdiri dari kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, riang gembira, mempererat persaudaraan, yang bertujuan pendidikan yang dilandasi Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Selain itu perkemahan Wira Muda Karya Bakti merupakan sarana untuk pembinaan bagi pramuka penggalang dengan kegiatan yang mengarah pada usaha pembentukan watak, disiplin, dan kepemimpinan serta usaha membina dan mengembangkan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan ketangkasan pramuka penggalang untuk seleksi peserta Jambore Cabang, Jambore Daerah, maupun Jambore Nasional.

Sumber : https://smpn1wonosari.sch.id/2019/04/10/perkemahan-wira-muda-karya-bakti-tahun-2019/