Dalam rangka bagian dari simulasi evakuasi bencana yang dilaksnakan serentak tahun 2019, SMP Negeri 1 Wonosari juga ikut melaksanakan simulasi ini. Kegiatan ini diadakan pada hari Jumat, 26 April 2019, yang bertempat di lapangan basket SMP Negeri 1 Wonosari. Seluruh siswa kelas 7 dan 8 ikut melaksanakan simulasi ini, sedangkan untuk siswa kelas 9 tidak ikut dikarenakan mengikuti kegiatan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN). Kegiatan USBN ini berlangsung setelah siswa kelas 9 mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Simulasi evakuasi bencana ini sudah diberitahukan kepada siswa saat pelasanaan apel pada pagi hari. Simulasi dimulai jika terdapat sirine yang berbunyi, yaitu sekitar pukul 10.00 WIB. Setelah sirine berbunyi, seluruh siswa kemudian berkumpul di lapangan basket, terdapat beberapa siswa yang membawa tasnya masing-masing.
Disana terdapat beberapa siswa yang berpura-pura terluka dan kemudian dibawa ke lobby SMP Negeri 1 Wonosari lalu diberikan pertolongan oleh PMR SMP Negeri 1 Wonosari masa bhakti 2018/2019 yang sebelumnya sudah diberikan pelatihan.

Setelah kegiatan simulasi selesai, seluruh siswa kelas 7 dan 8 diperbolehkan untuk meninggalkan lapangan basket, kemudian kembali ke ruang kelas mereka masing-masing.