Visi Sekolah

“Terwujudnya Sumber Daya Manusia yang Takwa, Cerdas, Terampil, Cinta Tanah Air, Berwawasan dan Berdayasaing Global”

Indikator Visi :

Terwujudnya lulusan dengan kompetensi yang bertaraf internasional, cinta tanah air, beriman dan bertakwa.
Terwujudnya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di sekolah yang bertaraf internasional.
Terwujudnya proses pembalajaran yang efektif, efisien, dan bertaraf internasional
Terwujudnya standar tenaga pendidik dan kependidikan bertaraf internasional
Terwujudnya standar sarana dan prasarana atau fasilitas pendidikan bertaraf internasional
Terwujudnya standar pengelolaan pendidikan yang bertaraf internasional
Terwujudnya standar penilaian penilaian pendidikan bertaraf internasional
Terwujudnya penggalangan biaya pendidikan yang memadai
Terwujudnya budaya dan lingkungan sekolah
Terwujudnya standar pendidikan berbasis keunggulan lokal yang dapat diakses secara internasional
Keunggulan, Prestasi, dan Eksistensi Sekolah

Sekolah dengan akumulasi prestasi baik akademik maupun non akademik tertinggi di kabupaten Gunungkidul.
Memiliki tenaga pendidik yang professional dan tersertifikasi.
Memiliki managemen sekolah yang handal dan humanistik.
Menonjolkan pendekatan pembelajaran yang learner-centred, proses dan produk belajar secara berimbang.
Menerapkan sistem penilaian kelas yang berbasis pada ketercapaian kompetensi siswa.
Menyelenggarakan pengayaan materi khusus bagi kelas 9 dengan strategi jitu untuk meraih nilai UN yang terbaik.
Mengembangkan secara maksimal bakat dan minat siswa untuk meraih prestasi yang setinggi-tingginya.
Mengedepankan pembimbingan yang kekeluargaan dalam menangani siswa yang bermasalah.
Mengembangkan kepedulian, kedisiplinan, keagamaan, kebugaran, dan keramahan terhadap lingkungan.
Mengupayakan tercapainya kompetensi seluruh warga sekolah dalam bahasa Inggris dan IT sebagai alat pengembangan ilmu pengetahuan
Memiliki sarana prasarana representatif menuju taraf internasiona

Misi SMP Negeri 1 Wonosari:

1. Terwujudnya lulusan dengan kompetensi yang bertaraf internasional

2. Terwujudnya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di sekolah yang bertaraf internasional.

3. Terwujudnya proses pembalajaran yang efektif, efisien, dan bertaraf internasional

4. Terwujudnya standar tenaga pendidik dan kependidikan bertaraf internasional

5. Terwujudnya standar sarana dan prasarana atau fasilitas pendidikan bertaraf internasional

6. Terwujudnya standar pengelolaan pendidikan yang bertaraf internasional

7. Terwujudnya standar penilaian penilaian pendidikan bertaraf internasional

8. Terwujudnya penggalangan biaya pendidikan yang memadai

9. Terwujudnya budaya dan lingkungan sekolah

10. Terwujudnya standar pendidikan berbasis keunggulan lokal yang dapat diakses secara internasional