Selasa, 27 Februari 2018, siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wonosari mengikuti kegiatan studi lapangan mata pelajaran IPA di PT Coca Cola Amatil Indonesia Semarang, Jawa Tengah. Berangkat pukul 07.00 WIB dari sekolah dan tiba di PT Coca Cola pukul 10.30 WIB, 192 (seratus sembilan puluh dua) peserta bersama dengan 19 (sembilan belas) orang pendamping, dimasukkan ke dalam sebuah ruangan. Di dalam ruangan tersebut semua peserta dan pendamping menerima suguhan minuman salah satu produk dari Coca Cola dan menerima penjelasan tentang Coca Cola oleh Communications Officer CCAI Central Java. Penjelasan sangat menarik karena ditayangkan melalui 3 (tiga) buah video yaitu video sejarah Coca Cola, video cara produksi Coca Cola, dan video tata tertib berkunjung ke PT Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI) dengan aman. Seluruh peserta maupun pendamping sangat antusias menyaksikan video yang ditayangkan. Setelah kegiatan studi lapangan selesai, nantinya peserta wajib membuat laporan berkelompok yang dikumpulkan kepada guru IPA masing-masing.

Setelah penayangan video, baik peserta dan pendamping dipersilahkan memberikan pertanyaan tentang Coca Cola. Beberapa siswa dan pendampingpun mengajukan pertanyaan dan dijawab satu persatu oleh Ibu Ida Lukitowati selaku Communications Officer CCAI Central Java. Sebelum keluar dari ruangan untuk melihat langsung produksi Coca Cola, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Wonosari memberikan sebuah kenang-kenangan kepada PT CCAI sebagai rasa terima kasih karena sudah diterima dengan sangat baik.

Setelah itu peserta dan pendamping diajak berkeliling memasuki area produksi berbagai macam produk dari Coca Cola. Sayangnya di dalam ruangan produksi dilarang mengambil gambar karena bisa mengganggu mesin produksi dalam beroperasi. Namun pengalaman yang sangat luar biasa bisa melihat secara langsung proses produksi PT Coca Cola Amatil Indonesia. PT CCAI memiliki 400 macam produk diantarnya Coca Cola, Sprite, Fanta, Frestea, Pulpy, Ades, dll.

Setelah kunjungan ke PT Coca Cola Amatil Indonesia selesai, dilanjutkan wisata ke Klenteng Sam Poo Kong Semarang. Disana peserta dan pendamping bisa mengenal bangunan bersejarah yaitu klenteng dan bisa berfoto sebagai kenang-kenangan bahwa pernah mengunjungi klenteng yang terletak di kota Semarang itu.

Pukul 15.00 WIB, peserta dan pendamping meninggalkan Klenteng Sam Poo Kong menuju sekolah. Seluruh peserta dan pendamping tiba di SMP Negeri 1 Wonosari pukul 20.30 WIB dengan selamat.(noerkha91)