Pramuka merupakan salah satu kegiatan positif yang dapat membentuk karakter generasi muda. Hal tersebut tercenmin dalam Janji (sumpah) Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.  Menyadari pentingnya kegiatan pramuka bagi generasi pemuda, maka Pramuka SMPN 1 Wonosari secara rutin menyelenggarakan Perkemahan Pramuka Penggalang Wira Muda Karya Bakti setiap tahunnya. Pelaksanaan Perkemahan Wira Muda tahun ini dilaknakan selama 3 hari dimulai tanggal 14 April 2018 s.d 16 April 2018 di Bumi Perkemahan Komplek Candi Prambanan.
Diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 wonosari perkemahan Wira Muda memiliki agenda acara yang padat dan menarik. Lebih dari 15 lomba dipertandingan di perkemahan kali ini antara lain: pendirian tenda, kebersihan & kerapihan tenda, geguritan, memasak, morse sinar, formasi barisan, semaphore, outbond, baris berbaris, pentas seni, cerkas dan masih banyak lagi.
Kegiatan wira muda berlangsung lancar dan menyenangkan. Meskipun malam pertama perkemahan kami diguyur hujan namun seluruh peserta dan panitia tetap semangat mengikuti perkemahan. Malahan turunnya hujan membuat perkemahan menjadi lebih berkesan bagi kami semua. Proses evakuasi yang sedikit ribet, basah kuyup ditengah malam, teman yang jatuh sakit, beberapa regu yang menolak dievakuasi karna ingin tetap ditenda dan kemudian pagi harinya bergotong royong membersihkan lingkungan perkemahan.
Pada akhirnya. Semoga seluruh kegiatan kemah wira muda dapat memberikan manfaat dan berhasil menanamkan karakter yang baik dan tangguh bagi seluruh peserta perkemahan.