Kamis, 03 Mei 2018 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wonosari mengikuti kegiatan Apresiasi Seni Budaya Ballet Ramayana di Panggung Terbuka Kompleks Candi Prambanan. Kegiatan apresiasi diikuti oleh 196 peserta dan 29 pendamping, diantara pendamping yang mengikuti kegiatan tersebut adalah pengurus komite sekolah. Peserta dan pendamping menuju Kompleks Candi Prambanan pukul 16.30 WIB dan tiba di Prambanan pukul 17.30 WIB. Setibanya di sana anak-anak dipersilahkan untuk ishoma terlebih dahulu dan pukul 18.30 WIB masuk ke dalam Panggung Tertutup. Di Panggung Tertutup diberikan penjelasan tentang cerita Ramayana. Peserta diberikan pertanyaan tentang Ramayana dan bagi yang menjawab benar diberikan sebuah hadiah.

Pukul 19.30 WIB, peserta dan pendamping menikmati Ballet Ramayana di Panggung Terbuka hingga pukul 22.00 WIB. Sepuluh bus tiba di SMP Negeri 1 Wonsoari pukul 23.00 WIB dengan selamat.

Dongeng Ramayana adalah sebuah kisah percintaan Rama dan Shinta. Kisah ini berawal dari Rama, Shinta, dan Lesmana pergi ke hutan untuk berburu. Shinta melihat ada seekor kijang kencana meloncat-loncat dan meminta Rama untuk menangkapnya. Akhirnya Rama pergi mencari kijang emas itu sedangkan Shinta bersama Lesmana. Karena Rama tak kunjung pulang, Shinta meminta Lesmana untuk menyusul Rama. Sebelum meninggalkan Shinta, Lesmana membuat lingkaran sakti agar terhindar dari bahaya. Disitulah terjadi penculikan Shinta oleh Rahwana. Karena Rahwana tidak bisa mendekati lingkaran yang dibuat oleh Lesmana, Rahwana merubah dirinya menjadi kakek tua yang berpura-pura meminta minum. Akhirnya Rahmana berhasil menangkap Shinta dan membawanya ke istana.

Setelah Rama dan Lesmana berhasil menangkap kijang yang ternyata adalah jelmaan raksasa dan sudah dibunuh, Rama dan Lesmana kembali ke tempat Shinta. Rama dan Lesmana kaget karena Shinta tidak berada di tempat dan mereka langsung mencari Shinta. Di tengah perjalanan, Rama dan Lesmana bertemu Jatayu yang sedang terluka parah. Rama mengira Jatayu adalah penculik Shinta sehingga akan membunuhnya namun Lesmana mencegahnya. Jatayu menjelaskan keberadaan Shinta sebelumnya akhirnya meninggal.

Berkat bantuan kera putih bernama Hanoman, Rama dapat menyelamatkan Shinta. Setelah kematian Rahwana, Hanoman menjemput Shinta untuk dipertemukan dengan Rama. Namun Rama mengira Shinta sudah tak suci lagi. Untuk membuktikan kesuciannya, Shinta menceburkan diri ke api dan karena kesuciannya Shinta tidak terbakar.

Begitulah sedikit cerita tentang Ramayana. Semoga kita bisa mengapresiasi karya bangsa sendiri. Aku Cinta Budaya Bangsa !!!(noerkha91)