Tanggal 21 Mei mendatang, SMP Negeri 1 Wonosari akan menyelenggarakan kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk siswa kelas VII dan VIII. Pada tahun pelajaran ini, PAT berbeda dengan tahun pelajaran lalu. Tahun pelajaran ini PAT selain berbasis kertas juga berbasis komputer. Mata pelajaran yang menggunakan Computer Based Test (CBT) adalah 4 (empat) mata pelajaran UN yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. Sedangkan 7 (tujuh) mata pelajaran yang lain menggunakan Paper Based Test (PBT). Terdapat 11 (sebelas) mata pelajaran yang diujikan dalam PAT dimana 2 (dua) mata pelajaran perangkat soal disusun oleh sekolah yaitu mata pelajaran Prakarya dan Seni budaya, sedangkan mata pelajaran lain disusun oleh MGMP bekerjasama dengan MKKS dan Disdikpora Kab Gunungkidul. Di SMP Negeri 1 Wonosari PAT CBT berlaku untuk siswa kelas VII maupaun kelas VIII. Karena siswa sebelumnya belum pernah mengerjakan soal PAT menggunakan komputer, akan ada simulasi terlebih dahulu, namun belum ada edaran tentang pelaksanaan simulasi. PAT CBT nantinya akan diselenggarkan 2 (dua sesi) sehingga anak-anak tidak terlalu sore pulang dari sekolah mengingat waktu penyelenggaraan PAT bersamaan dengan bulan Ramadhan.

PAT CBT ini adalah gagasan dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul yang sebelumnya sudah mencanangkan TPPU CBT untuk kelas IX. Dievaluasi dari TPPU CBT yang lalu, tes lebih efektif dan efisien artinya dalam segi perlengkapan lebih hemat (tanpa menggunakan LJK dan lembar soal) serta dalam segi tenaga juga lebih ringan (tanpa melibatkan banyak orang/kepanitiaan). Kepanitiaan dalam PAT tahun pelajaran 2017/2018 terdiri dari 16 (enam belas) orang, diantaranya adalah Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab, Ib. Tira Susana sebagai ketua, Ib. Amanah Yuniastuti sebagai sekretaris, dan 13 (tiga belas) orang anggota diantaranya adalah 3 (tiga) proktor dan 1 (satu) teknisi.

Untuk siswa kelas VII dan VIII harap mempersiapkan diri untuk menghadapi PAT tersebut. Karena PAT merupakan salah satu unsur dalam penentuan kenaikan kelas. Jadwal PAT SMP Negeri 1 Wonosari Tahun Pelajaran 2017/2018 dapat didownload disini : 6. jadwal PAT 2018. Jadwal PAT dan pembagian sesi serta lainnya yang lebih detail akan disampaikan sekolah kepada anak-anak secara langsung.(noerkha91)