Jumat, 17 Agustus 2018, seluruh siswa dan bapak/ibu guru dan karyawan SMP Negeri 1 Wonosari mengikuti upacara bendera di lapangan basket SMP Negeri 1 Wonosari (kecuali yang ditugaskan untuk mengikuti upacara di Alun-alun Pemda Wonosari dan Lapangan Gari). Dengan petugas upacara adalah pengurus OSIS dan pembina upacara Bapak Sanyata, S.Pd., M.Psi., upacara bendera dalam rangka HUT Kemerdekaan RI yang ke-73 berjalan dengan lancar dan semua peserta tertib dan penuh khidmad dalam mengikuti upacara bendera.

Berikut sambutan pembina upacara HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018 :

Bismillahirrahmanirrahim,  Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.  Selamat Pagi, Salam Sejahtera.   Yang kami hormati, Bapak Kepala SMP Negeri 1 Wonosari,  Yang kami hormati, Bapak/Ibu Guru dan para staff karyawan SMP Negeri 1 Wonosari,  dan para siswa siswi SMP Negeri 1 Wonosari yang saya sayangi dan saya banggakan.

Pertama-tama saya tak lupa panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang mana atas limpahan nikmat, rahmat dan hidayahnya, kita semua dapat berkumpul disini dengan keadaan sehat wal’afiat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 Tahun 2018. Sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang senantiasa mendoakan umatnya ke jalan kebaikan dan keselamatan.

Pada hari ini, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-73. Hari dimana kita bercermin memandang sejarah dan mengapresiasi perjalanan panjang para pejuang yang telah membawa kita kepada keadaan sekarang. Tepat 73 tahun yang lalu, lagu kebangsaan menggetarkan pengibaran bendera pusaka di langit biru Ibu pertiwi, sebagai penanda lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negara Kepulauan dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia, yang terbentang di sepanjang khatulistiwa dengan keragaman etnis budaya, bahasa, flora dan fauna yang tersebar di 17 ribu pulau, yang dipersatukan oleh kesadaran mewujudkan citacita bersama.

Para peserta upacara yang saya hormati, Tahun 2018 adalah tahun yang istimewa bagi Indonesia, karena selain bertepatan dengan 73 Tahun Kemerdekaan RI kita juga menyambut perhelatan akbar Ajang Asian Games XVII dimana negara kita kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah setelah 56 tahun lamanya.

Tema perayaan HUT ke-73 tahun kemerdekaan kali ini adalah “Kerja Kita Prestasi Bangsa”. kata “Kerja” berarti adanya pergerakan / aktif. Kita semua sebagai warga negara yang baik dituntut untuk terus bekerja keras dalam membangun bangsa dan negara ini.  Sebagai siswa, kalian mempunyai tugas untuk terus belajar, berjuang keras mengukir sebuah prestasi sehingga dapat berguna bagi nusa dan bangsa.  Anak-anakku yang saya sayangi,  Dengan memperingati HUT Kemerdekaan RI ini saya berharap semoga kalian semua dapat lebih meningkatkan lagi jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada tanah air tercinta, dan lebih meningkatkan semangat untuk belajar lebih rajin lagi, agar kalian semua bisa menjadi generasi yang membuat negara tercinta kita ini bangga dan berjaya.

Sekali lagi saya tekankan bahwa “Semangat Nasionalisme” itu sangatlah penting, apalagi di kalangan pelajar seperti kalian semua. Karena jiwa nasionalisme dapat membentuk kesadaran dan kesetiaan terhadap bangsa dan negara tanpa memandang suku, ras dan agama. Dengan adanya nasionalisme kita dapat menjalin kerukunan antar sesama, sehingga pembangunan negara ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan bersama.  Anak-anakku yang saya cintai,  Bung Karno, Bung Hatta, dan para Perintis Kemerdekaan itu adalah anak-anak muda terdidik. Mereka menggunakan keterdidikannya untuk mendorong kemajuan bangsa. Kalian anak-anak muda juga, kalian terdidik juga dan kalian juga punya kesempatan yang sama untuk menorehkan sejarah di Republik ini. Belajarlah dengan keras, tuntas dan sepenuh hati.

Di antara kalian nantinya akan menjadi guru, sastrawan, budayawan, wartawan, pengusaha, dosen, musisi, dokter, insinyur, hakim, politisi, gubernur, menteri, bahkan presiden atau peran-peran lain yang mungkin hari ini belum terbayangkan dan bahkan belum ada. Semuanya itu dimulai dari kerja keras di hari-hari ini, dari bangku kelas ini, dan dari kerja tuntas di sekolah ini.

Harap kalian tengok perjuangan gemilang menuju kemerdekaan 1945 dan perjalanan Republik selama 73 tahun ini. Kalian ambil hikmah dari sejarah, lalu tugas kalian berikutnya adalah membuat sejarah. Kalian adalah pemilik masa depan, jangan menunggu tapi tempalah kepribadianmu, kembangkan prestasimu, jalin persahabatan dengan teman-temanmu, hormatilah orang tuamu dan gurumu, jadikan mereka suluh hidupmu.

Hari ini kalian merayakan 73 tahun Indonesia merdeka, harap dicamkan baik-baik bahwa saat Indonesia merayakan 100 tahun kemerdekaan maka kalianlah yang akan memimpin dan mengelola perjalanan bangsa ini. Bergegaslah, bersiaplah dari sekarang. Bawalah Indonesia kita inike puncak-puncak kecemerlangan baru.

Selamat belajar, selamat berkarya, selamat bekerja keras dan salam hormat untuk semua.  Dirgahayu Republik Indonesia … !! Merdeka..!! Merdeka..!!  Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.(noerkha91)