Jumat, 25 Januari 2019 pukul 08.00 WIB, orang tua/wali siswa kelas IX memenuhi undangan Kepala SMP Negeri 1 Wonosari menghadiri kegiatan motivasi dan parenting kelas IX yang sebentar lagi akan menghadapi UNBK dan USBN. Bertempat di Aula SMP Negeri 1 Wonosari (Gedung Olahraga dan Seni Budaya) seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 196 dan orang tua/wali mengikuti kegiatan tersebut dengan penuh antusias.

Kegiatan motivasi dan parenting diawali dengan sosialisasi UNBK dan USBN tahun 2019 terlebih dahulu oleh Ibu Sri Wahyuni selaku wakil kepala sekolah urusan kurikulum. Disana disampaikan jadwal kegiatan kelas IX diantaranya jadwal Tes Pemantapan Persiapan Ujian (TPPU), jadwal UNBK dan jadwal USBN. Selain itu juga disampaikan program-program sukses UN seperti morning test, tutor sebaya, pengayaan, dan mini tryout. Nilai UNBK dan USBN tahun 2018 pun disampaikan beserta target nilai di tahun 2019.

Selanjutnya motivasi dan parenting diisi oleh narasumber dari Yogyakarta yaitu Bapak RUA Zainal Fanani. Motivator mengajakĀ  siswa untuk fokus terhadap diri sendiri, bukan fokus terhadap apa yang akan terjadi nanti. Fokus untuk mempersiapkanĀ ujian dengan belajar, berdoa, dan berbakti kepada orang tua. Siswa juga diminta untuk percaya diri pada kemampuan mereka masing-masing.

Dengan adanya motivasi dan parenting ini diharapkan dapat memberikan dorongan semangat belajar pada siswa untuk menempuh ujian nasional dengan menorehkan prestasi. Sedangkan orang tua sebagai agen sosialisasi paling utama sangat berperan memberikan motivasi pada anaknya. Orang tua dapat memberikan arahan dan gambaran masa depan pada anak untuk menumbuhkan semangat belajar.(noerkha91)