Pada hari Jumat tanggal I Februari 2019 SMP Negeri I Wonosari mengadakan Jumat takqwa pada Minggu pertama untuk meningkatkan keimanan dan mendidik budi pekerti bagi murid-murid di SMP Negeri I Wonosari. Pada hari Jumat tanggal 1 Februari 2019, murid-murid bersama dengan guru serta karyawan yang beragama Kristen mengadakan Jumat taqwa dengan pembawa firman bapak Pdt. Yehuda Fajar Kristian Labeti, M. Si. Bapak Pdt. Yehuda mengambil tema hidup bermakna bagi lingkungan sekolah yang diambil dari kitab Mazmur 119:9 yang berbunyi; Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai firman-Mu dan 1 Petrus 3:10 yang berbunyi; Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu.
Arti bermakna yaitu mempunyai ( mengandung ) arti penting. Dalam 1 Perus 3:10 yaitu mencintai hidup, untuk mencintai hidup maka hidup harus menjaga lidah, menjauhi yang jahat, dan mencari perdamaian. Sebab dalam kehidupan paling banyak bersama kelurga, terus dengan sekolah dan yang ketiga dengan lingkungan masyarakat maka dari itu harus menjaga lidah dari yang jahat, dengan tidak berkata kotor, dan tidak mengutuk orang lain. Menjauhi yang jahat yaitu dengan menjauhi ucapan bibir yang menipu yaitu memfitnah. Jangan bilang saying tapi seperti layang-layang. Paulus telah mengatakan menjauhi yang jahat artinya tidak membedakan yang satu dengan yang lainnhya. Kalau murid tidak boleh malas belajar, tidak suka menyuruh/ saling membantu.
Mencari perdamain, di dalam mencari perdamaian ini kita tidak boleh suka menghasut (hoax) , selalu mengutamakan kepentingan bersama dan tidak suka bertengkar. Dengan menjalankan firman Tuhan ini hidupkita akan jadi bermakna bagi kita berada lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Seperti firman Tuhan katakana di 1 Petrus 3:12 yang berbunyi Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinganya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat. Untuk itu Mazmur 119:9 Firman Tuhan adalah pegangan utama,bersaat teduhlah supaya hidup kita dikuatkan dan bisa bermakna bagi sesama.
One Day
You’ll be just e memory
For some people
Do your best
To be good one
(NUGROHO)