Pada hari Kamis tanggal 28 Februari 2019 Dinas Puspustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunugkidul mengadakan rapat koordinasi pengembangangan minat baca terhadap masyarakat di Gunungkidul. Pada rapat di buka oleh kepala Bidang DPK Gunungkidul pada pukul 10:00 WIB dan menghadirkan narasumer dari ketua FPNB Gunungkidul bapak Sugiyanto, M.M, ketua GPMB Gunungkidul bapak Joko Suryanto, M. Pd, ketua IPI bapak Agung Wibawa dengan Moderator ibu Adriana. Dalam sambutannya kepala Bidang DPK Gunungkidul untuk membagun pengembangan literasi, akan menambah dana koleksi buku, dan membangun home teater delapan dimemensi.
Setelah sambutan dari Kabid DPK maka dilanjutkan pada narasumber dari FPNB Gunungkidul yaitu bapak Sugiyanto, MM, mengatakan bahwa dibentuknya FPNB yaitu sebagai kantong putra dan putri di Gungkidul dibidang kepenulisan. Dalam bidang kepenulisan itu ada 2 yaitu khusus dan umum. Dibidang khusus contohnya riwayat tentang Bupati Gunungkidul, dan yang umum berupa novel cerpen dan puisi. Setelah penjelasan Narasumber dari FPNB acara dilanjutkan narasumer dari GPMB Gunungkidul yang menerangkan dibentuknya GPMB yaitu untuk meningkat gerakan minat baca di sekolah maupun masyarakat di Gunungkidul masih sangat rendah.
Kemudian diteruskan pada nara sumber dari IPI Gunungkidul yang menerangkan bahwa IPI Gunungkidul mempunyai tujuan meningkatkan profesionalisme SDM di Indonesia, memajukan minat baca dengan perkembangan teknologi Informasi, mengoptimalkan dan memperjuangkan nasib pustakawan. Pustakawan merupakan motor dari literasi yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan. (NUGROHO)