Pada hari Senin tanggal 28 Oktober 2019 SMP Negeri I Wonosari Gunungkidul mengikuti upacara peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke 91. Pada peringtan hari Sumpah Pemuda ini di mulai pukul 07:00 WIB, selaku pembina upacara yaitu Ibu Warsi Utami, S. Pd. Untuk peringatan hari sumpah pemuda kali ini mengambil tema bersatu kita maju. Tema ini diambil untuk mengaskan kembali komitmen yang telah dibagun oleh para pemuda pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan dan kesatuan bangsa  kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa. Dalam upacara ini juga dibacakan ikrar Sumpah pemuda. Dimana Ikrar Iumpah Pemuda ini sebagai tonggak sejarah perjuangan bangsa Indonesia, sebab dengan Sumpah Pemuda ini bangsa Indonesia bisa merdeka.

            Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan keepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya saing. Namun pada sisi yang lain perkembangan ini berdampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan begitu mudahnya apa bila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara. Pemuda yang memiliki  karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus punya kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

            Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena ditangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju pemuda yang mempunyai karakter, kapasitas, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif, serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia. (nug)