Pada hari Selasa tanggal 14 Desember 2021 sampai dengan hari Kams tanggal 16 Desember 2021 SMP Negeri 1 Wonosari menyelenggarakan Pendidikan dasar OSIS dan MPK  yang menjadi program Kesiswaan SMP Negeri 1 Wonosari yang diikuti oleh 50 orang dari OSIS dan 35 orang dari MPK. Ladiksar ini bertujuan untuk menjadikan OSIS dan MPK suatu organisasi yang siap untuk memajukan SMP Negeri 1 Wonsari dibawah kepemipinan WAKA kesiswaan. Untuk hari Selasa tanggal 14 Desember 2021 ladiksar dimulai pukul 13:30 WIB-14:00 WIB dimulai dengan pembukaan yang dibuka oleh panitia ladiksar. Setelah acara pembukaan selesai maka acara dilanjutkan dengan Kebijakan Sekolah yang diisi oleh Ibu Suhartati, M.Pd selaku kepala sekolah SMP Negeri 1 Wonosari. Ibu Suhartati, M.Pd menyampaikan bahwa OSIS dan MPK harus harus bisa membikin kebijakan yang  mendukung program pembelajaran baik dari segi akademik maupun non akademik sehinga  kebijakan tersebut bisa menjadikan peserta didik untuk berprestasi. Setelah selesai Kebijakan Sekolah acara dilanjutkan dengan Kepemimpinan yang disampaikan oleh Ibu Rini Harjanti, S.Pd, M.Pd. Ibu Rini Harjanti, S.Pd. M.Pd menyampaikan kepada OSIS dan MPK tentang pentingnya jadi pemimpin yang tegas, dan lugas dalam mengambil setiap keputusan. Setelah materi Kepemipinan selesai maka acara dilanjutkan ke materi kesekertariatan yang disampaikan oleh Sri Rahayu,S.Pd.

Untuk hari Rabu tanggal 15 Desember 2021 ladiksar dimulai pukul 13:00 WIB-13:40 WIB dengan materi keuangan yang disampaikan oleh Ibu Yati Siti Alinah, M.Pd. Ibu Yati Siti Alinah, M.Pd Menyampaikan bahwa suatu organisasi tidak lepas dari bendahara dan tentu saja seorang bendahara harus memiliki buku neraca pemasukan, pengeluaran dan kas. Dengan adanya buku ini maka setiap kigiatan yang menjadi program OSIS dan MPK bisa berjalan dengan baik. Setelah materi keuangan selesai disampaikan maka pada pukul 13:40 WIB dilanjutkan dengan penyusunan proposal yang disampaikan oleh Bpk Fuad Ihsanudin Nugroho, S.Ag, M.Si, menyampaikan tentang pentingnya menyusun proposal.  Setelah itu OSIS dan MPK diminta untuk praktik menyusun proposal.

Untuk hari Kamis tanggal16 Desember 2021 ladiksar dimulai pukul 07:30 WIB dengan materi Penyusunan peogram kerja yang disampaikan oleh Bpk. Sigit Suryono, M.Pd. Bpk. Sigit Suryono menyampaikan bahwa program kerja itu sangat penting dalam organisai OSIS dan MPK di SMP Negeri 1 Wonosari. Dengan program kerja maka organisasi OSIS dan MPK bisa berjalan dengan baik. Setelah penyampaian penyusunan Program kerja maka OSIS dan MPK diminta Praktik cara menyusun program kerja sesuai dengan bidangnya.(nug)