Pada hari Senin tanggal tanggal 11 Juli 2022 SMP Negeri 1 Wonosari mengadakan upacara bendera yang dimulai pukul 07:00 WIB-08:00 WIB setelah masuk pertama tahun pelajaran 2022/2023. Dalam upacara bendera ini dipimpin oleh Ibu Suhartati, M.Pd selaku kepala Sekolah SMP Negeri 1 Wonosari, dalam amanatnya Ibu Suhartati, M.Pd membuka MPLS bagi kelas VII dan menetapkan  KBM di SMP Negeri 1 Wonosari sekaligus mengukuhkan siswa kelas VII menjadi bagian warga sekolah SMP Negeri 1 Wonosari yang diwakili Safira Gadis Maharani dan Novan Ismanu Aji dengan cara simbolis melalui pengalungan name tag.

Setelah itu acara MPLS dilanjutkanp pada pukul08:00 WIB-09:00 WIB dengan pengisian formulir siswa baru oleh orang tua siswa baru wali pengenalan siswa.  Siswa kelas VII memasuki kelas masing-masing dengan didampingi orang tua wali dan wali kelas, kemudian orang tua siswa mengisi biodata dan data diri, lalu diteruskan dengan perkenalan wali kelas yang dilanjutkan dengan pemahaman perbedaan dengan SMP yang disampaikan oleh wali kelas masing-masing, hal-hal lain yang dirasa perlu ( misal tentang pentingnya ortu dan sekolah dalam pemulihan semangat belajar setelah dua tahun daring, tentang surat ijin,jika tidak masuk, tentang aturan ijin di sekolah boleh sementara di UKS maksimal 2 jam selebihnya harus pulang danlain-lain).

Setelah pukul 09:00 WIB-09:15 WIB istirahat baru kemudian MPLS dilanjutkan dengan kebijakan sekolah dan Sosialisasi Kurikulum Merdeka yang disampaikan oleh Ibu Sri Wahyuni, M.Pd. Dalam sosialisasi Kurikulum Merdeka ini Ibu Sri Wahyuni, M.Pd menyampaikan implementasi dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, diantranya beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Kebhinekaan Global, Bergotong royong, mandiri, bernalar Kritis dan Kreatif. Setelah Penyampaian tentang  profil Pelajar Pancasila maka dilanjutkan dengan Kebinekaan Global yang disampaikan oleh Ibu Bernadeta Pramudyastuti, S.Pd. M.Pd pada pukul 10:15 WIB-11:00 WIB, dalam penyampaiannya beliau menyampaikan pentingnya toleransi atar sesame manusia, setelah selesai maka acara dilanjutkan kembali dengan sosialisasi tentang pentingnya TIK yang disampaikan oleh Bapak Sigit Suryono, M.Pd pada pukul11:00 WIB-11:30 WIB. Dalam penyampainnya Bapak Sigit Suryono, M.Pd mengatakan bahwa diera digital ini TIK sangatlah penting, misalnya untuk pembelajaran dengan google class room, pembuatan website, pembuatan email dan lain-lain. Setelah selesai penyampaian Bapak Sigit Suryono, M.Pd pada pukul 11:15 WIB-12:15 WIB dilanjutkan dengan istirahat baru kemuudian diteruskan dengan ibadah. Tujuan dari ibadah ini mendidi siswa untuk bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa susuai dengan salah satu dari implementasi Pelajar Pancasila. (nug)