Pada hari Senin tanggal12 Februari 2018 SMP Negeri 1 Wonosari mengadakan rapat dinas yang dipimpin langsung oleh bapak Muhammad Nurhadi S. Pd. M. Hum, dalam rapat tersebut beliau mensosialisasikan Presensi Mobile Gunungkidul. Presensi ini pertama kali yann mengusulkan dari Setda Gunungkidul,dan presensi ini yang dirancang pertama kali di DIY.
Dasar hukum presensi ini yaitu aturan Bupati no. 58 tahun 2018, dan presensi mobile ini akan diterapkan uji coba bagi PNS mulai dari bulan maret sampai dengan April. Setelah uji coba ini akan dinilai. Di dalam presensi PNS bisa menggunakan smartphone android, koneksi internet baik seluler dan internet service provider sudah menjangkau di sebagian wilayah kabupaten Gunungkidul, Support system dari Dinas Komunikasi dan Informatika baik dari sisi infrastruktur jaringan internet maupun sisi Software development.
Kelebihan dari presensi mobile Gunungkidul yaitu PNS dapat menggunakan presensi smartphone berbasis android pada radius area yang telah ditentukan, data presensi langsung masuk ke data center presensi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Gunungkidul, tidak perlu menunggu hingga bulan berikutnya untuk proses pelaporan. Distribusi lebih cepat dan lebih akurat. Presisi mobile ini juga tidak mengenal citi bagi PNS. Setelah sosialisasi presensi mobile ini selesai maka dilanjutkan ke Pengisian SKP, yang dipandu oleh Ibu Ponikem. S.Pd. M. Hum.(Nug)