Kamis, 19 April 2018, siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wonosari mengikuti kegiatan pembelajaran kontekstual mata pelajaran bahasa inggris. Pembelajaran kontekstual ini sering disebut dengan tourists hunting. Dalam kegiatan ini anak-anak belajar berbahasa inggris secara langsung, dimana mereka melakukan wawancara kepada tourists yang sedang berkunjung di Candi Borobudur.

Dengan menggunakan 4 buah bus, peserta tourists hunting sebanyak 192 siswa dan pendamping sebanyak 17 orang menuju Candi Borobudur. Perjalanan berlangsung lancar sehingga pukul 09.30 WIB, sudah sampai di tempat. Peserta dan pendamping antri masuk/tiket, kemudian di kompleks Candi Borobudur mereka berburu tourists. Hal-hal yang ditanyakan diantaranya adalah menanyakan nama, kebangsaan, kedatangan, tempat tinggal dan lain-lain. Siswa sudah mahir dalam tanya jawab karena sebelumnya sudah dibekali dengan penguatan bahasa inggris yang dilaksanakan selama 4 (empat) hari oleh guru pengampu yang berkompeten.

Selesai tourists hunting di Candi Borobudur, dilanjutkan ishoma di masjid terdekat dan kemudian menuju Ketep Pass. Disana disuguhi pemandangan gunung merapi dan gunung merbabu saling berdampingan. Kabut putih menyelimuti membuat suasana menjadi tambah dingin. Di Ketap Pass anak-anak hunting foto bersama teman-temannya. Hari sudah mulai sore, pukul 17.00 WIB peserta kegiatan pembelajaran kontekstual bahasa inggris memasuki bus masing-masing menuju SMP Negeri 1 Wonosari.(noerkha91)