Sabtu, 28 April 2018, keluarga besar SMP Negeri 1 Wonosari memperingati hari lahir R.A. Kartini. Apel dalam memperingati HUT Kartini dilaksanakan di halaman SMP Negeri 1 Wonosari pukul 07.00 WIB dengan pembina apel Ibu Sri Lestari, S.Pd. Peserta apel adalah siswa kelas VII dan VIII dan Guru dan Karyawan SMP Negeri 1 Wonosari. Hari lahir Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April ditetapkan sebagai Hari Kartini oleh Ir. Soekarno dan sejak tanggal 2 Mei 1964, Kartini ditetapkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional. Seluruh bangsa Indonesia juga memperingati Hari Kartini sebagai wujud menghargai atas perjuangan R.A. Kartini. Tema peringatan Hari Kartini tahun ini adalah “Meningkatkan kualitas pemberdayaan perempuan dengan semangat Kartini”.

Peringatan Hari Kartini di SMP Negeri 1 Wonosari diisi dengan berbagai lomba diantaranya adalah lomba Dimas dan Diajeng, wiru jarik, menyanyi grup, geguritan, lomba lukis, dan lain-lain. Lomba-lomba tersebut diikuti oleh perwakilan masing-masing kelas siswa kelas VII dan VIII. Pelaksana lomba adalah OSIS SMP Negeri 1 Wonosari dan juri lomba adalah Bp/Ibu guru.

Peringatan Hari Kartini bertujuan untuk memperingati dan menghormati perjuangan Raden Ajeng Kartini yang telah memperjuangkan kaum perempuan pada jamannya sehingga perempuan Indonesia memiliki kesetaraan dengan kaum laki-laki baik dalam bidang pendidikan maupun bidang yang lainnya.(noerkha91)