Jumat, 08 Juni 2018, Bp/Ibu Guru SMP Negeri 1 Wonosari menghadiri rapat kenaikan kelas. Dalam sambutannya, kepala sekolah meminta bp/ibu untuk mencermati kriteria kenaikan kelas yang dituangkan dalam buku I KTSP untuk menentukan kenaikan siswa kelas VII dan VIII. Dipandu oleh Ib. Sri Wahyuni wakasek urusan kurikulum, disampaikan 5 (lima) kriteria kenaikan kelas yang dimaksud.

Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran bagi peserta didik kelas VII dan VIII berdasarkan nilai raport semester 1 dan 2.

Kriteria kenaikan kelas bagi peserta didik kelas VII dan VIII sebagai berikut :

  • Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang diikuti.
  • Deskripsi sikap sekurang-kurangnya minimal BAIK yaitu memenuhi indikator kompetensi sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.
  • Deskripsi kegiatan ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan minimal BAIK sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.
  • Tidak memiliki lebih dari 2 (dua) mata pelajaran yang masing-masing nilai pengetahuan dan/atau keterampilan di bawah KKM (KKM Sekolah = 76). Apabila ada mata pelajaran yang tidak mencapai ketuntasan belajar pada semester ganjil dan/atau semester genap, nilai akhir diambil dari rerata semester ganjil dan genap pada mata pelajaran yang sama pada tahun pelajaran tersebut.
  • ketidakhadiran siswa tanpa keterangan maksimal 5% dari jumlah hari efektif;
  • berdasarkan hasil rapat pleno dewan guru.

Setelah disampaikan kriteria kenaikan kelas, wali kelas melaporkan hasil belajar siswanya yang dipandu oleh Bp. Sulistyana sebagai penjab 1 penilaian. Dari kriteria kenaikan kelas dan laporan wali kelas, semua siswa memenuhi kriteria tersebut dan Bp. Muh. Nurhadi, S.Pd., M.Hum. Kepala SMP Negeri 1 Wonosari menetapkan siswa kelas VII dan VIII sejumlah 388 siswa ditetapkan naik kelas 100%. (noerkha91)