Senin, 25 Juni 2018. SMP Negeri 1 Wonosari melaksanakan kegiatan halal bihalal yang dilaksanakan di Masjid Assalam SMP N 1 Wonosari. Kegiatan halal bi halal ini diikuti oleh Bapak KS, Bpk Ibu Guru dan Karyawan beserta keluarga juga beberapa pengurus komite sekolah. Kegiatan ini di mulai dengan gema wahyu ilahi yang  di bacakan oleh Furqon baihaqi (9F) dengan saritilawah ela (9H). Kemudian dilanjutkan ikrar syawalan yang dipimpin oleh bapak Fuad Ihsanudian dilanjutkan dengan Sambutan dari Bapak Kepala Sekolah dan Pengurus Komite sekolah.

Pada ikrar syawalan ini berisi tentang pengakuan dosa dari bapak/ibu guru dan karyawan selama setahun yang lalu baik disengaja maupun tidak disengaja dan saling memberi ampunan terhadap masing-masing kesalahan tersebut. Setelah itu Bapak Kepala sekolah menyampaikan terimakasih kepada bapak/ibu guru dan karyawan berserta dengan komite sekolah yang telah bahu membahu bekerja sama dan saling mengingkatkan untuk membangun sekolah, mendidik dan mengajar peserta didik dengan sungguh-sungguh dan berusaha menjadikan sekolah menjadi sekolah yang baik dan senantiasa berkembang dan terus berprestasi.

Setelah itu sambutan dari komite sekolah yang disampaikan oleh bapak wakil komite sekolah bapak Budi, yang menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang terbangun selama ini untuk terus membangun dan meningkatkan mutu pendidikan khususnya  di SMP N 1 Wonosari dalam mendidik siswa menjadi siswa yang berprestasi.

Acara yang terakhir adalah hikmah syawalan yang disampaikan oleh Bapak Ustadz Sholihin, S.Ag beliau merupakan penyuluh agama Depag Kabupaten Gunungkidul. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan pentingnya hablu minnallah maupun hablu minnas. Pentingnya terus membangun rasa persaudaraan sesame muslim maupun dengan penganut agama lain, dan terus dibina ukhuwah dan kemasyarakatan yang baik untuk membentuk keluarga besar SMPN 1 Wonosari yang kuat karena rasa kebersamaan dan kerukunan atar seluruh KB SMPN 1 Wonosari yang memiliki agama yang berbeda-beda. Dengan hal bihalal ini diharapkan dapat terus memperbaiki hubungan antar pribadi maupun dalam kedinasan sehingga bisa membentuk keluarga besar yang kokoh dan saling menghargai dalam perbedaan dan terus pererat rasa persatuan dan kesatuan. (Rio)