Pada hari Selasa tanggal 8 Juni 2021 SMP Negeri I Wonosari mengadakan Wisuda peserta didik kelas IX yang telah dinyatakan lulus semua. Acara Wisuda dimulai pukul 07:30 WIB dengan pembukaan setelah pembukaan acara dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya acara wisuda dilanjutkan dengan pengumuman kelulusan ditetuskan dengan prosesi wisuda, dalam prosesi wisuda ini dimulai dari kelas IX A diambil 10 orang dahulu kemudian foto bersama kepala sekolah SMP Negeri I Wonosari untuk dokumentasi sekolah maka diteruskan dengan kelas IX B sampai kelas IX G. Setelah prosisi wisuda selesai acara dilanjutkan dengan prasetya alumni yang ditirukan para peserta didik SMP Negeri I Wonosari.

Setelah prasetya alumni selesai diikrarkan maka acaradilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada 10 peserta didik berprestasi yang diserahkah kepala sekolah SMP Negeri I Wonosari kepada peserta didiknya yang berprestasi di USDA.Setelah pemberian penghargaan kepada10 peserta didik berprestasi di USDA acara dilanjutkan dengan sambutan kepala sekolah, dalam sambutannya bapak kepala sekolah SMP Negeri I Wonosari sangat mengapresiasi anak didiknya yang mampu berprestasi ditengah-tengah pandemi covid 19. Meskipun pembelajaran dengan daring tidak mengurangi semangat para peserta didik SMP Negeri I Wonosari. Setelah sambutan kepala sekolah selesai maka acara dilanjutkan dengan sambutan komite, dari sambutan komite ini sangat berterima kasih kepada segenap bapak/ibu guru dan karyawan SMP Negeri I Wonosari yang telah membantu peserta didik didalam belajarnya terutama saat pandemi covid 19. Sebab disaat pendemi covid 19 pembelajaran dengan daring, dan melalui daring ini tidak mengurang para anak didik untuk berprestasi. Setelah sambutan komite acara dilanjutkan dengan sambutan kepala dinas pendidikan Kabupaten Gunungkidul yang disampaikan oleh Drs. Sudya Marsita, M.M.  selaku Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul. Dalam sambutanya beliau menyampakan kepada anak didik SMP Negeri I Wonosari untuk untuk terus berprestasi, sebab anak-anak didik SMP Negeri I Wonosari sebagai generasi bangsa khususnya di Gunungkidul. Ditengah-tengah era digitalisasi ini beliau mengharapkan lulusan dari SMP Negeri I Wonosari bisa mejaga moral dan menjaga nama almamater SMP Negeri I Wonosari.

Setelah sambutan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul maka acara dilanjutkan dengan Pesan dan kesan dari wakil wisudawan yang diwakili oleh oleh Dewi dalam kesan pesannya Dewi mengucapkan banyak terimakasih kepada bpk/ibu guru SMP negeri I Wonosari sekaligus minta maaf kepada bapak ibu/guru dan kepada semua adik kelas VII dan kelas VIII.  Setelah pesan kesan Wisudawan selesai maka acara dilanjutkan dengan lagu mars SMP Negeri I Wonosari dan terima kasihku, dilanjutkan dengan doa dan penutup. (nug)