Tanggal: 7 November 2023

SMP Negeri 1 Wonosari terus mengalami momen inspiratif dengan mengadakan proyek penguatan profil pelajaran Pancasila. Pada hari ke-7 proyek yang penuh semangat ini, siswa-siswa semakin mendekati puncaknya dengan materi¬† Mencat “Mural Akulturasi Budaya”¬† Siswa-siswa ditantang untuk mengekspresikan pemahaman mereka tentang akulturasi budaya melalui seni mural. Dalam kelompok-kelompok kreatif, mereka mulai mencat mural dengan tema-tema yang mencerminkan bagaimana budaya-budaya yang berbeda dapat saling mempengaruhi dan memberi warna kehidupan masyarakat Indonesia, yang mereka desain tiap kelompok dan sudah mereka buat sketsa pada kegiatan di hari sebelumnya.

Selama proses pencat mural, siswa-siswa tidak hanya melibatkan aspek seni, tetapi juga berdiskusi aktif tentang pesan-pesan yang ingin mereka sampaikan melalui karya seni mereka. Mereka menekankan pentingnya menghormati, menerima, dan merayakan perbedaan budaya sebagai bagian yang tak terpisahkan dari identitas Indonesia.

Ibu Iin Indriyati, S.Pd., M.Pd sebagai Ketua TIM Pengembangan P5 di SMP Negeri 1 Wonosari, menyampaikan kebanggaannya terhadap semangat dan kreativitas siswa-siswa. “Mereka telah menunjukkan komitmen yang luar biasa dalam memahami nilai-nilai Pancasila dan bagaimana kita sebagai warga negara harus menjaga dan menghargai keragaman yang ada.”

Hari ke-7 proyek penguatan profil pelajaran Pancasila ini berhasil memperkaya pemahaman siswa-siswa tentang keragaman budaya Indonesia dan peran Pancasila dalam menjaga persatuan dan toleransi. Mereka semakin percaya bahwa ini adalah langkah awal dalam menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan berkontribusi positif bagi bangsa dan negara.

SMP Negeri 1 Wonosari bersemangat menyambut progres proyek ini dan berkomitmen untuk terus memberikan pemahaman yang mendalam tentang Pancasila kepada generasi muda Indonesia. Mari kita tunggu informasi lebih lanjut tentang perjalanan proyek ini dan inspirasi yang akan dihasilkan dalam hari-hari mendatang.