Senin 18 September 2017 SMP Negeri 1 Wonosari melaksanakan Upacara Bender dengan Pembina dari Polres Gunungkidul. Dalam amanahnya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada SMP Negeri 1 Wonosari atas kerjasamanya selama ini baik dalam pembinaan PKS, maupun pembinaan Tonti serta menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah maupun di jalan. Selain itu beliau menyampaikan bahwa upacara yang dilaksanakan pada pagi ini sangat bagus dan baik dari petugasnya maupun dari seluruh siswa yang berbaris dengan tertib. Selain itu di beliau menyampaikan bahwa pada bulan oktober nanti akan dilaksanakan lomba baris-berbaris tingkat kabupaten gunungkidul diharapkan SMP Negeri 1 Wonosari menyiapkan dengan sebaik-baiknya karena pada tahun yang lalu tonti SMP Negeri 1 Wonosari keluar sebagai juara Umum.
Selain itu dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan petuah agar seluruh siswa mampu memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya agar kelak dapat berhasil menjadi pemimpin di masa yang akan datang, karena dalam sehari ada 24 jam sebaiknya siswa dapat membagi waktu dengan baik 8 jam untuk belajar di sekolah, 8 jam untuk tidur, dan 8 jam yang lain untuk membantu orang tua, bermasyarakat, bersosialisasi, mengamalkan ilmu dan juga belajar. Selain itu beliau menyampaikan bahwa sesuai dengan peraturan kepolisian bahwa untuk usia yang bisa memperoleh SIM adalah anak yang telah berusia minimal 17 tahun untuk itu diharapkan seluruh siswa SMP Negeri 1 Wonosari untuk mengindahkan hal tersebut untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi sendiri jika belum memiliki SIM.
Sehingga dengan memantuhi peraturan tersebut akan dapat lebih ditingkatkan ketertiban berkendaraan bermontor khusunya di wilayah polres Gunungkidul.