Sabtu, 20 Januari 2018, tepatnya jam ke-1 s.d. jam ke-2 (pukul 07.15 s.d. 08.35 WIB) siswa kelas IX F melaksanakan ulangan harian online untuk mata pelajaran Bahasa Inggris di Laboratorium TIK. Ulangan harian online juga akan diberlakukan untuk kelas IX E, IX G, dan IX H yang kebetulan diampu oleh Ibu. Ponikem, S.Pd., M.Hum. yang pernah menjadi narasumber “Workshop Penyusunan Soal Online Sukses UNBK dan USBN Tahun 2018”. Langkah-langkah mengerjakan soal online sangat mudah yaitu : 1) siswa diminta membuka link soal atau blog guru pengampu yang berisi soal ulangan harian, 2) siswa diminta mengisi identitas seperti nama, nomor absen, dan kelas sesuai petunjuk yang ada di layar komputer, 3) siswa mengerjakan soal pilihan ganda, dan 4) klik kirim/send untuk mengirim jawaban.

Menurut beliau, ulangan harian online lebih efektif karena menghemat kertas dan energi untuk koreksi, serta mudah untuk melakukan analisis. Anak-anak juga terlihat lebih bersemangat mengerjakan soal online dari pada menggunakan paper based test. Hasil ulangan harian juga dapat segera diketahui hasilnya tanpa menunggu waktu yang lama.

Ulangan harian online ini merupakan penerapan dari workhsop penyusunan soal online yang sudah pernah diikuti. Beberapa guru yang sudah menerapkan ulangan harian online adalah Bp. Sigit Suryono, S.Pd., M.Pd. (guru mata pelajaran IPA) dan Bp. Sulistyana, M.Pd. (guru mata pelajaran Matematika). Diharapkan ulangan harian online dapat diterapkan untuk kelas, mata pelajaran, dan guru yang lain.(noerkha91)