Kesiswaan SMP Negeri 1 Wonosari melaksanakan kegiatan pelatihan kedisiplinan siswa bagi siswa baru SMP Negeri 1 Wonosari. Bentuk Pelatihan Kedisiplinan siswa ini adalah berupa pelatihan baris-berbasis yang dilaksanakan selama 2 minggu sepulang sekolah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa baru yang dibagi menjadi 7 kelas.

Harapan dari kegiatan ini adalah sebagai salah satu pembelajaran baris-berbaris sehingga diharapkan seluruh siswa SMP Negeri 1 Wonosari memiliki kedisiplinan yang tinggi yang kelak dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran siswa yang cerdas, trampil, dan berdisiplin serta berdedikasi yang baik. Kegiatan ini di pimpin oleh Bapak Kisno Widodo, dengan instruktur pelatihan adalah siswa kelas 8 dan 9 yang berasalah dari OSIS, Tonti, Satgas P4GN, PKS dan PMR yang saling berjibaku untuk membantu penerapan dan pelatihan kedisiplinan sedini mungkin.

Kegiatan ini bertujuan untuk memilih siswa yang akan dipilih sebagai Peleton inti, maupun membentuk calon pemimpin dimasa yang akan datang.