Selasa, 9 April 2019 berlangsung seleksi guru berprestasi tingkat Kabupaten Gunungkidul tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemudan dan Olah Raga Kabupaten Gunungkidul bertempat di SMPN 1 Wonosari. Kegiatan seleksi Guru/ Kepala Sekolah berprestasi ini merupakan salah satu agenda tahunan yang di selenggarakan oleh Dikpora dan merupakan seleksi berjenjang dari tingkat sekolah, kemudian untuk TK dan SD tingkat gugus, selanjutnya tingkat kabupaten. Untuk Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan seleksi tahun ini meliputi 31 guru TK, 30 guru Sd dan 9 guru SMP, sedangkan untuk kepala sekolah 31 Kepala sekolah SD, 31 Kepala sekolah SMP dan 6 Kepala Sekolah SMP.

Adapun aspek yang dinilai dari kegiatan ini adalah Penilaian Dokumen Portofolio, Penilaian Kinerja Guru (PKG) Serta Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) untuk kepala sekolah, Ter tertulis, presentasi ilmiah dan wawancara. Untuk presentasi ilmiah tema yang harus dipresentasikan adalah “Guru berprestasi yang mampu mewujudkan pendidikan berkemajuan”, sedangkan untuk kepala sekolah mengambil tema Kepala Sekolah berprestasi yang mampu mewujudkan pendidikan berkemajuan.

Peserta juara I, II dan III mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan khusus untuk juara 1 setiap jenjang akan dikirim ke Tingkat Propinsi DIY yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 April 2019.