SMP Negeri 1 Wonosari menerapkan beberapa model pembelajaran interaktif berbasis komputer untuk menghadapai perkembangan pendidikan di era industri 4.0. Salah satu model pembelajaran interaktif yang diterapkan adalah pemanfaatan Rumah Belajar untuk digunakan sebagai media pembelajaran inovatif. Untuk tahun ini Rumah belajar diterapkan oleh Sigit Suryono, S.Pd, M.Pd dan juga Bapak Sulityana, M.Pd.

Adapun untuk awal tahun pelajaran ini untuk materi IPA di manfaatkan untuk pembelajaran menggunakan modul interaktif yang terdapat di sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id adapun materi yang digunakan adalah materi Usaha dan Energi serta Pesawat Sederhana.

Model ini diterapkan kepada siswa kelas 8 D, 8 E, 8 F, dan 8 G yang mengikuti materi pelajaran IPA. Dalam penggunaan MPI ini proses pembelajarannya adalah sebagai berikut:

  1. Guru memulai pembelajaran dengan apersepsi tentang model-model pembelajaran masa kini yang menuntut skill pembelajaran berbasis ICT untuk mendapatkan generasi muda yang siap menghadapi tantangan jaman.
  2. Kemudian guru menyampaikan gambar-gambar yang berkaitan dengan kerja manusia, dan berbagai alat yang membantu proses kerja manusia.
  3. Anak-anak berkontribusi dalam proses pembelajaran melalui berbagai pertanyaan berkaitan dengan tampilan gambar atau video yang disampaikan oleh guru.
  4. Guru mengarahkan siswa untuk mempelajari materi Modul Pesawat sederhana menggunakan fasilitas Sumber Belajar pada Rumah Belajar dengan menyampaikan linknya yaitu http://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id
  5. Siswa mengakses rumah belajar sesuai dengan link yang disampaikan oleh guru serta mencari materi Pesawat sederhana untuk kelompok SMP.
  6. Siswa membaca dan mencatat serta menanyakan materi yang ada di modul pembelajaran sesuai dengan taraf pemahaman siswa.
  7. Diakhir pembelajaran siswa mengerjakan tugas akhir modul dan mencatatkan nilainya ke lembar penilaian yang dimiliki oleh guru.