Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan Kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik serta sanggup dan mampu bertanggungjawab dalam mengisi kemerdekaan.

Kepramukaan merupakan proses pendidikan luar sekolah dan luar keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis dan menantang dilakukan dialam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan dengan pembentukan watak sebagai sasaran akhir. Untuk itu Kepramukaan diselenggarakan dalam berbagai bentuk kegiatan yang disesuaikan dengan titik berat pembinaan dan perkembangan kejiwaan masing-masing golongan anggota Pramuka.

Sesuai dengan titik berat pembinaannya, maka salah satu kegiatan bagi Pramuka adalah Penjelajahan yang merupakan Kegiatan menarik yang edukatif, inovatif, dan rekreatif, mandiri, interaktif dengan teman sebaya dialam terbuka yang diarahkan pada upaya pengenalan, penguatan, dan pengembangan kebudayaan dikalangan generasi muda, kegiatan ini dikemas dalam bentuk kegiatan alam terbuka untuk mendorong terbentuknya apresiasi dan toleransi atas keragaman budaya bangsa.

Jelajah Budaya merupakan kegiatan Pramuka untuk menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai budaya bangsa, membina persaudaraan, mempererat persatuan serta membina ketahanan nasional khususnya ketahanan budaya yang berazaskan serta memantapkan jiwa kebangsaaan.

Kegiatan Jelajah  Budaya  Tahun 2019  menempuh jarak + 6 km  dengan rute Star dari Bumi Perkemahan Pengembangan, Komplek Candi Prambanan – Candi Sari – (Finish) Candi Kedulan.

TEMA KEGIATAN

“Melestarikan Cagar Budaya, Merawat Kebinekaan Budaya Bangsa”

SEMBOYAN

“Jati diriku Jati diri Bangsaku, Jati diriku amalan Trisatyaku”

MOTTO KEGIATAN

Satyaku Kudarmakan Dharmaku  Kubaktikan”

Jenis Kegiatan

Acara kegiatan dalam Jelajah Budaya bersumber pada dasar dan nilai-nilai :

  1. Agama dan Falsafah Pancasila
  • Jiwa Perjuangan 1945 dan Ketahanan Nasional
  • Persahabatan, Kekeluargaan serta Kerukunan hidup dalam Kebhinekaan
  • Seni Budaya, dan Kelestarian Lingkungan Hidup
  • Kebangsaan dan Kebudayaan
  • Adat istiadat dan Tata Susila
  • Tata nilai, Karakter dan Kepemimpinan

Kegiatan Jelajah Budaya Tahun 2019 diikuti oleh Pramuka golongan Penggalang dari Gugusdepan perutusan Kwartir Cabang se- Daerah Istimewa Yogyakarta se jumlah 250 orang Pramuka atau 50 kelompok, adapun komposisi tiap kelompok beranggotakan 5 (lima) orang Pramuka Penggalang.

SMP NEGERI 1 WONOSARI merupakan salah satu sekolah yang terlibat aktif dalam kegiatan ini dengan mengirim 1 regu Putra dan 1 regu Putri yang masing-masing regu terdiri dari 5 anak yakni:

Regu Penggalang Putra:

No. Nama Tempat, tgl lahir Sekolah
1 FADLURRAHMAN  ATTHORIQ Gunungkidul, 23 September 2005 SMP Negeri  1 Wonosari
2 FADHEL HUDA PRASTAWA Balikpapan, 30 April 2006 SMP Negeri 1 Wonosari
3 KEVIN PUTRA YUDHA Atambua, 16 Februari 2006 SMP Negeri 1 Wonosari
4 DIMAS RAHARDITYA WIBOWO Gunungkidul, 12 Desember 2005 SMP Negeri 1 Wonosari
5 RIZKY INDRA RAMADHAN Sleman. 15 Oktober 2005 SMP Negeri 1 Wonosari

Regu Penggalang Putri

No. Nama Tempat, tgl lahir Sekolah
1 NISRIINAA SALWANINGRUM Gunungkidul, 2 Agustus 2004 SMP Negeri  1 Wonosari
2 MARCELLA INOVA SICA RIAJI Yogyakarta,1 November 2004 SMP Negeri 1 Wonosari
3 GITA AMANDA PUTRIANI Gunungkidul, 14 Juni 2004 SMP Negeri 1 Wonosari
4 SALSABILA RETA AMELIASARI Gunungkidul, 22 September 2004 SMP Negeri 1 Wonosari
5 SHELY ANGEL CHRISHANITA Yogyakarta, 10 Juli 2004 SMP Negeri 1 Wonosari

            Pramuka Penggalang Gugus Depan 120301023-120301024 SMP Negeri 1 Wonosari, yang dibimbing dengan pembina Pramuka Utama yakni Kakak Rini Harjanti, M.Pd dengan penuh antusias mengikuti kegiatan Jelajah Budaya 2019 ini. Adik-adik Pramuka Penggalang dengan penuh keceriaan dan antusias serta keingintahuan yang tinggi mengikuti setiap proses Jelajah Budaya ini. Pembina Pramuka dan pendamping dalam kegiatan ini adalah:

No. Nama Sekolah
1 RINI HARJANTI, M.Pd SMP Negeri  1Wonosari
2 TRIANJAR PRIYANTA, S.Pd, M.Pd SMP Negeri 1 Wonosari
3 FISILIA ARI KUSWANTI, S.Pd SMP Negeri 1 Wonosari
4 FUAD IHSANUDIN N, S.Ag., M.S SMP Negeri 1 Wonosari
5 GAIF SAPTO NURWIDIAS, S.Pd SMP Negeri 1 Wonosari

Acara diawali dengan Upacara Pembukaan dengan pembina Upacara yaitu kepala Balai Budaya DIY. Kemudian acara dilanjutkan dengan jelajah Budaya. Jelajah Budaya di mulai dengan pos penjelasan materi dan langkah-langkah yang akan dilalui peserta. Setelah itu Pos Yel-Yel. Dan dalam perjalanan peserta diminta untuk men-scan Barcode yang berisi soal yang harus diselesaikan peserta selama perjalanan Jel;ajah Budaya. Pos candi yang kedua adalah Candi Sari. Dalam pos Candi Sari ini peserta diberi kesempatan untuk foto ataupun melakukan vlog yang akan dilombakan hasilnya nanti. Dalam pos ini juga peserta diminta diberikan penjelasan singkat tentang sejarah Candi Sari, Kalasan dan tentu juga diminta scan Barcode lagi.

Perjalanan jelajah Budaya dilanjutkan ke Pos Candi yang terakhir yakni Candi Kedulan. Namun sebelum ke Candi Kedulan masih ada sekitar 3 pos yang bayangan dimana disitu peserta diminta menyelesaikan pertanyaan dari panitia yang merupakan salah satu kriteria dalam pemilihan Regu Terbaik baik putera maupun puteri. Peserta Penggalang SMP 1 Wonosari melaksanakan dengan penuh semangat segala proses sampai pada Pos Candi yang terakhir yakni Candi Kedulan. Dalam Candi Kedulan ini peserta di bagikan makan siang dan setelah makan mereka diminta untuk melanjutkan jelajah budaya dengan pengamatan Candi Kedulan dan di berikan penjelasan singkat tentang Candi Kedulan. Melalui acara ini, Generasi Muda benar-benar mencintai Cagar Budaya Indonesia. Kunjungi, Amati, dan Lestarikan merupakan semangat yang di bawa dalam Jelajah Budaya tahun 2019 ini. Jelajah Budaya merupakan kegiatan ke 15 yang merupakan kegiatan Positif untuk menumbuhkan Cinta anak bangsa terhadap Cagar Budaya.

Acara terakhir adalah Sambutan dan tanya jawab dengan peserta Jelajah Budaya. Dalam acara ini pula peserta sangat antusias dalam mengikutinya. Sampai pada akhir acara ditutup dengan Pengumuman beberapa kejuaraan dari Juri. Regu Penggalang putri SMP Negeri 1 Wonosari meraih Juara ke 3 Regu Terbaik. Prestasi ini membuat semangat semakin membara untuk terus berprestasi dalam Kejuaraan lainnya yang masih ada jangka waktu pengumpunan dua minggu setelah kegiatan Jelajah Budaya ini. Masih ada lomba Fotografi, Pembuatan Vlog dan Pembuatan Karya Tulis dalam bentuk Feature. Semoga dalam ketiga lomba ini Regu Penggalang SMP Negeri 1 Wonsari juga mampu mengukir Prestasi. Akhir Kata, SMP 1 Wonosari: SIAP MEMACU PRESTASI. SALAM PRAMUKA.