SMP Negeri 1 Wonosari Gunungkidul mengikuti kegiatan Bimtek Pemanfaatan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Rumah Belajar yang diselenggarakan oleh Pustekkom Kemdikbud di Hotel Kristal Jakarta selatan dari tanggal 29 – 31 Oktober 2019. Dalam bimtek ini SMPN 1 Wonosari mendapatkan 10 laptop dan 1 LCD yang dihibahkan oleh Pustekkom Kemdikbud untuk kesuksesan Penerapan sekolah Inovatif di SMPN Negeri 1 Wonosari.

Tim SMP Negeri 1 Wonosari di pimpin oleh Bapak Muh. Nurhadi, S.Pd, M.Hum, dengan anggota Fuad Ihsanudin Nugroho, S.Ag, M.SI dan Sigit Suryono, S.Pd, M.Pd, dalam kegiatan ini disampaikan tentang berbagai fasilitas rumah belajar yang bisa di implementasikan di sekolah sebagai salah satu sekolah inovasi. Adapun berbagai fasilitas itu seperti Sumber Belajar, Kelas Digital, Lab. Maya dan Bank Soal. Fasilitas tersebut membantu guru dan siswa dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa. Disampaing beberapa fasilitas dalam Rumah Belajar terdapat juga portal yang menyediakan berbagai model-model pembelajaran inovatif yaitu http//sibatik.kemdikbud.go.id/pjj/ dimana model-model yang dapat di adopso dan diterapkan di sekolah antara lain model pembelajaran flipped calssroom, model pembelajaran blended learning, model pembelajaran project based learning, model pembelajaran Discovery inquiry, model pembelajaran game educatif dan model pembelajaran sole.

Sebagai tindak lanjut pengembangan dari terpilihnya SMP Negeri 1 Wonosari sebagai salah satu Sekolah Inovatif maka punya kewajiban untuk mengaodopsi dan memanfaatkan portal rumah belajar dengan berbagai fasilitasnya untuk digunakan dalam pembelajaran yang berlangsung di SMP Negeri 1 Wonosari.