Gambar : Peserta Melakukan Simulasi Tawaf Mengelilingi Kakbah

Kamis, 7 November 2019 pukul 12.30 WIB, di lapangan basket SMP Negeri 1 Wonosari dilaksanakan simulasi atau latihan manasik haji. Kegiatan latihan manasik haji dipandu oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX yaitu Bapak Fuad Ihsanudin Nugroho dan Ibu Nurul Muthmainnah. Kegiatan latihan manasik haji diikuti oleh seluruh kelas IX yang beragama Islam baik laki-laki maupun perempuan dan Bapak/Ibu Guru yang tidak ada KBM.

Layaknya calon jamaah haji, seluruh siswa berpakaian ihram, termasuk membaca doa-doa sesuai dengan tuntunan haji. Seperti pelaksanaan ibadah haji, yang pertama kali dilakukan adalah Wukuf di Arafah, Mabit di Muzdalifah, melempar jumroh di Mina, Tawaf mengelilingi Kakbah, Sa’i dan yang terahkir adalah tahalul.

Tujuan latihan manasik haji disamping untuk mengevaluasi kompetensi siswa secara khusus, juga untuk menanamkan nilai agama dan moral yang kuat sejak dini karena ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima sebagai tanda penyempurnaan keislaman seseorang.(noerkha91)