Pada tanggal 11 November 2017 SMP Negeri I Wonosari tingkatkan mutu sekolah sebagai sekolah rujukan, SMP Negeri 1 Wonosari melakukan pameran dari 11 mata pelajaran, berbagai karya ilmiah remaja, bimbingan konseling dan perpustakaan. Dari ajang pameran ini diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap sokolah imbas dan sekitarnya. Dalam pameran Sokolah rujukan ini di buka oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul H Bahron Rasyid SPd. MM didampingi Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Wonosari Muh Nurhadi SPd. Mhum.
Hadir dalam acara itu Camat wonosari Drs Iswandoyo, muspika dan wali murid. Dalam pameran ini juga ada pertunjukan pentas seni dan kreatifitas siswa sehingga para pengunjung dari wali murid sangat antusias menyaksikan pameran ini. Sebagai sekolah rujukan SMPN 1 Wonosari memiliki sejumlah prestasi di antaranya Muhammad Alsamtu Tita Sabila meraih medali perak dalam Olimpiade Siswa Nasional IPS. Sedangkan Faiz Fadhilah Jalu Rozan juara I Lomba lukis Kyoto se DIY. Tidak mudah bagi Faiz untuk meraih kesuksesan ini, sebab Faiz harus bersaing dengan para seniman lukis se DIY. Dalam ajang seni Lukis Kyoto ini adalah yang kedua kalinya di ikuti oleh Faiz, Ujian Nasional se DIY 2017, juara renang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Abimanyu Mahendra Duta Kemah Budaya Nasional, juara 1 lomba campur sari DIY.
Bapak Nurhadi menambahkan pameran ini melibatkan semua siswa dan guru. Untuk sekolah imbas meliputi SMPN 1 Semanu, SMPN 3 Playen, SMPN 2 Nglipar, SMP Muh 1 Wonosari, SMP Al Mujahidin.(Nug)