Perkenalkan, namaku Muhammad AlsamtuTita S.P.S kelas 9C. Aku ingin berbagi pengalamanku ketika mendapatkan penghargaan dari provinsi atas prestasiku meraih medali perak pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2-8 juli 2017 lalu di Pekanbaru Provinsi Riau.Semoga kisahku ini dapat membawa manfaa tuntuk pembaca sekalian.
Hari itu Selasa, 12 Desember 2017 adalah hari yang ditunggu oleh seluruh penggapai prestasi yang ada di Provinsi D.I Yogyakarta. Pada hari itu akan diberikan sebuah penghargaan bagi mereka-mereka yang telah menggapai prestasi, mengharumkan nama baik Provinsi D.I Yogyakarta, baik di kancah nasional ataupun internasional. Dengan tajuk ”Satu Janji Menggapai Prestasi” Dinas PendidikanProvinsi D.I Yogyakarta menyelenggarakan event ini yang bertujuan untuk mengapresiasi prestasi yang telah diperoleh serta untuk menumbuhkan semangat generasi selanjutnya untuk terus berkarya dan memacuprestasi.
Pukul 07.30 gedung olahraga Amongraga telah dipenuhi oleh para undangan yang akan memperoleh penghargaan atas prestasi yang diperolehnya. Kami terlebih dahulu melakukan registrasi di bagian depan gedung sebelum memasuki gedung olahraga Amongraga tempat dilaksanakannya acara. Setelah selesai melakukan registrasi, masing-masingdari kami diberikansebuah pin yang berisi nomer urut pemanggilan bagi para peraih prestasi teraebut.
Acara dimulai sekitar pukul 08.45, segera setelah seluruh tamuundangan hadir,acara penganugerahan penghargaan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi D.I Yogyakarta yaitu Bapak Raden BaskaraAdji. Setelah sesi pembukaan dan sambutan-sambutan selesai, acara selanjutnya adalah hiburan. Salah satu penampilan hiburan yang menakjubkan adalah penampilansebuah band yang terdiridari orang-orang penyandang disabilitas. Walaupun tubuh mereka tidaklah sempurna mereka bisa tampil layaknya orang normal. Dari situlah saya bisa merasakan betapa hebatnya Tuhan,anak-anak yang menyandang disabilitas bisa bermain music dengan benar.
Setelah acara hiburan selesai, acara selanjutnya adalah penganugrahan penghargaan ,sesi pertama, penghargaan ses ipertama ini ditujukan untuk penggapai prestasi khusus bagi yang terdiri dari orang-orang hebat yang memilikiprestasi khusus di tingkatnasional maupun internasional. Salah satusiswa alumni SMP N 1 Wonosari mendapatkan penghargaan ini karena telah berhasil menjadi pasukan pengibar bendera pusaka di istanamerdeka 17 Agustus2017 lalu.
Penganugrahan penghargaan sesi pertama usai. Acara dilanjutkan dengan hiburan berupa tarian dansa yang dimainkan oleh beberapa anak. Usai hiburan ke-2, acara berikutnya adalah penganugerahan penghargaan sesi kedua. Pada sesi kedua ini aku beserta ketiga peraih medali pada ajang OSN 2017 di Pekanbaru Riau kemarindipanggil. Kami menaiki panggung secara berurutan satu persatu guna menerima penghargaan beserta pembimbing kami yaitu Ibu Sri Wahyuni SP.d. Setelah selesai menerima penghargaan kami kembali ketempat duduk masing-masing.
Penganugrahan penghargaan sesi ke-2 selesai. Acara dilanjutkan dengan hiburan. Kali ini yang menampilkan hiburan adalah orchestra Sekolah Menengah Music. Mereka menampilkan beberapa lagu secara berturut-turut. Baru setelah acara hiburan selesai, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan sesiterakhir. Pada sesi ini kebayakan penerima penghargaan memilki prestasi di bidangolahraga.
Dengan berakhirnya penganugerahan penghargaansesi ke-3 maka selesailah rangkaian acara. Para tamu undangan berfoto di spot-spot foto yang sudahdisediakan. Adanya event ini, membuatku semakin terpacu untuk terus menorehkan prestasi sehingga bisa membanggakan Daerah Istimewa Yogyakarta. (Nug)