Pada hari jumat tanggal 12 Oktober 2018 bapak Sigit Suryono, M.Pd, menerima penghargaan Ki Hajar dalam kategori terinovatif. Penghargaan ini diterikan oleh SEKJEN KEMENDIKBUD yaitu bapak Didik Suhardi P.Hd. Duta rumah belajar ini tugasnya antara lain mensosialisasikan dan memanfaatkan portal belajar, contohnya yaitu kelas maya, lab maya, sumber belajar, jelajah angkasa, BSE, dan PKB.
Tentu saja bapak Sigit Suryono, M.Pd untuk mendapatkan nominasi ini tidak mudah, beliau harus berjuang melalui empat tahap:
1. Literasi
2. Pemanfaatan
3. Kreativitas, seperti membuat media pembelajaran
4. Shering dan publikasi
Dari masing-masing tahap ini ada yang secara online dan of line, tahap pertama literasi diikuti oleh tujuh ribu seratus enam puluh orang, terus tahap ke dua pemanfaatan diikuti oleh tiga ribu empat ratus orang, tahap ketiga ini dilakukan secara of line, Setelah dilakukan secara of line maka dipilih 35 pemenang dari masing-masing propinsi. Dari 35 pemenang ini diambil 3 juara yaitu dari kategori terbaik, kategorit terkreatif dan kategori terinovatif. Dari ketiga kategori ini bapak Sigit Suryono terpilih sebagai juara karya terinovatif sekaligus menjadi duta rumah bejar dari Gunungkidul. (NUG)