Foto bersama Tim UKS beserta Tim dari Puskesmas II

Wonosari, 11 November 2023 – Puskesmas Wonosari II bekerja sama dengan SMPN 1 Wonosari telah sukses melaksanakan kegiatan skrining kesehatan bagi para siswa di laboratorium IPA SMP Negeri 1 Wonosari pada tanggal 10 November 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk memantau dan menjaga kesehatan siswa di lingkungan sekolah.

Kegiatan skrining kesehatan ini dilakukan sebagai langkah preventif dalam mendeteksi dini masalah kesehatan yang mungkin dialami oleh siswa. Kegiatan ini juga sejalan dengan upaya mempromosikan kesadaran akan pentingnya kesehatan pribadi dan pemahaman tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Liliek Lestari, S.Pd., M.Pd, selaku koordinasi UKS SMPN 1 Wonosari menekankan pentingnya skrining kesehatan berkala bagi anak-anak. “Skrining kesehatan adalah cara yang efektif untuk mendeteksi dini masalah kesehatan yang mungkin tidak terlihat dari luar. Dengan melakukan skrining secara teratur, kita dapat mencegah dan mengatasi masalah kesehatan sejak dini,” ujar Liliek Lestari.

Kegiatan skrining kesehatan melibatkan berbagai aspek kesehatan seperti pemeriksaan fisik, pengukuran berat badan dan tinggi badan, tes penglihatan, dan pengecekan gigi. Selain itu, para siswa juga diberikan edukasi tentang pentingnya pola makan seimbang, olahraga teratur, dan menjaga kebersihan diri.

 

 

 

 

Siswa-siswa SMPN 1 Wonosari tampak antusias mengikuti kegiatan ini, dan mereka menerima hasil skrining kesehatan secara individual. Para orangtua juga diundang untuk hadir dalam kegiatan ini dan berdiskusi dengan petugas kesehatan mengenai hasil skrining serta rekomendasi untuk perawatan dan perbaikan kesehatan jika diperlukan.

Ibu Sitik Sumai, seorang orang tua siswa SMPN 1 Wonosari, merasa senang dengan inisiatif ini. “Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi anak-anak kami. Kami dapat mengetahui kondisi kesehatan mereka dengan lebih baik dan mengambil tindakan jika diperlukan. Terima kasih kepada Puskesmas Wonosari II dan SMPN 1 Wonosari.”

Kegiatan skrining kesehatan ini merupakan contoh konkret kerja sama yang bermanfaat antara Puskesmas dan sekolah dalam upaya menjaga kesehatan anak-anak dan menciptakan lingkungan yang sehat di sekolah. Semoga kegiatan serupa akan terus dilaksanakan untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan siswa.